RESMI: Piala Asia 2019 Akan Gunakan VAR

Football5star.com, Indonesia – Piala Asia 2019 dipastikan akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Teknologi VAR digunakan saat memasuki babak perempat final.

Wacana untuk menggunakan teknologi VAR mengemuka pada September 2018 lalu. Saat itu, Presiden Federasi Sepak Bola Asia (AFC), Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa memandang VAR berjalan dengan baik di Piala Dunia 2018. Saat otu, Shaikh Salman menyebut bahwa Piala Asia 2019 akan menggunakan teknologi demi menjaga permainan.

Penggunaan VAR di Piala Asia 2019 telah disetujui oleh Komite Wasit AFC, namun tak bisa digunakan di seluruh pertandingan Piala Asia. Mereka memberikan izin VAR digunakan saat memasuki fase perempat final. VAR akan digunakan di tujuh pertandingan (dari perempat final sampai final) di empat stadion. Keempat stadion itu adalah Zayed Sports City dan Mohammed Bin Zayed Stadium yang ada di Abu Dhabi. Dua stadion lainnya adalah Hazza bin Zayed Stadium in Al Ain dan the Al Maktoum Stadium di Dubai.

“Asia sudah memiliki beberapa wasit yang membanggakan dan dikenal di dunia. Sekarang mereka akan diberikan dukungan tambahan, VAR untuk turnamen (Piala Asia 2019) dari perempat final,” kata AFC dalam rilis resmi mereka.

“Bekerja sama dengan FIFA dan Football Association Board (IFAB) serta pemasok teknologi VAR terkemuka di dunia. Sistem ini (VAR) akan menjadi yang pertama bagi di Piala Asia yang menampilkan catatan 24 tim dari semua sudut Asia,” lanjutnya.

Trofi Piala Asia 2019
Dok. The AFC

Kepastian Piala Asia 2019 yang menggunakan VAR disambut gembira oleh AFC. Mereka berterima kasih kepada seluruh pihak yang membuat impian mereka menjadi kenyataan.

“Kami berterima kasih kepada FIFA, IFAB, dan panitia lokal atas dukungan luar biasa mereka dalam membuat VAR menjadi kenyataan di Piala Asia,” kata Sekjen AFC, Dato ‘Windsor John.

Comments
Loading...