Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Review Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia

951

Football5star.com, Indonesia – Benua Asia mengirimkan empat perwakilan untuk tampil pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Keempat negara tersebut adalah Jepang, Iran, Arab Saudi, dan Korea Selatan.  Nyaris tak ada nama baru, karena kesemuanya adalah kontestan langganan dalam kompetisi empat tahunan tersebut.

Jepang misalnya, sejak Tragedi Doha yang menyakitkan buat mereka tak lolos pada Piala Dunia 1994, timnas mereka selalu lolos semenjak 1998 hingga edisi lalu di Brasil. Keberhasilan mereka tampil di Rusia, sukses Samurai Biru pastikan saat laga melawan Australia di Stadion Saitama beberapa waktu lalu.

Kala itu Yuto Nagatomo dk.k mengalahkan Socceroos dengan skor 2-0. Sedangkan nasib buruk didapati oleh Negeri Kangguru. Mereka dengan susah payah mengalahkan Suriah (3-2), hanya untuk mendapatkan tiket play-off.

Sedangkan Iran, mereka akhirnya melanjutkan tren positif dengan kembali tampil di Piala Dunia. Total, Negeri Para Mullah sudah lima kali bermain di ajang empat tahunan tersebut. Terakhir adalah pada 2014 di Brasil, saat itu mereka hanya sampai di babak grup setelah tak pernah sekali meraih kemenangan.

Korea Selatan punya catatan tersendiri. Mereka selalu bisa lolos bahkan sejak Piala Dunia 1986 di Meksiko. Namun, keberhasilan mereka kala seperti edisi sebelumnya di mana hanya keluar sebagai runner up di grup A babak Kualfikasi.

Satu jatah lainnya diambil oleh Arab Saudi. Hal itu merupakan prestasi membanggakan bagi mereka yang dua Piala Dunia sebelumnya harus absen karena gagal di babak kualifikasi.

Di sisi lain, Suriah sebenarnya mampu mengejutkan dunia. Kendati tengah berkecamuknya perang saudara yang terjadi di sana, timnas mereka mampu melaju hingga perebutan tiket play-off yang akhirnya direbut oleh Australia.

Tim yang Lolos: Jepang, Iran, Arab Saudi, Korea Selatan
Play-Off: Australia