Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Review Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Oseania

130

Football5star.com, Indonesia – Tidak seperti zona lainnya, persaingan di kawasan Oseania justru jauh dari kata hingar bingar apalagi sejak ditinggalkan Australia yang membelot ke zona Asia. Praktis, dengan hengkangnya Socceroos, hanya Selandia Baru yang merupakan nama yang cenderung familiar.

Selain All Whites, kontestan lain seperti Kepulauan Fiji, Tahiti, Kepulauan Solomon, Tahiti, Vanuatu, dan beberapa negera lainnya tak punya pemain sepak bola profesional. Tentunya itu memudahkan Selandia Baru untuk bersaing memperbutkan jatah tampil pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Shane Smeltz dkk bahkan tak terkalahkan di fase grup hingga babak final melawan Papua Nugini. Dalam laga tersebut, mereka menang dengan skor 4-2. Kendati menjadi juara di babak kualifikasi Piala Dunia zona OFC, tiket ke Rusia belum langsung berada dalam genggaman.

Seperti sebelumnya, partisipasi pasukan Anthony Hudson di ajang empat tahunan itu harus ditentukan melalui babak play-off. Nantinya di fase tersebut, Selandia Baru akan menghadapi perwakilan dari Zona Conmebol yaitu Peru.

Catatan Selandia Baru bermain di Piala Dunia pun tak mentereng. Sejak kompetisi tersebut digelar, mereka hanya baru dua kali tampil. Pertama, saat digelar pada 1982 di Spanyol, kala itu prestasi mereka hanya sampai di babak grup.

Sedangkan yang kedua, saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Nasibnya pun sama seperti sebelumnya. Bahkan, mereka juga tidak pernah meraih kemenangan dalam kompetisi tersebut.