Terkait Diskriminasi, Bellerin Dukung Sikap Oezil

Banner Football Live Star Baru-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Mesut Oezil resmi memutuskan pensiun dari Timnas Jerman setelah mendapat tindakan diskriminatif dari federasi sepak bola dan masyrakat Jerman. Sikap sang pemain pun didukung rekan setimnya di Arsenal, Hector Bellerin.

Oezil memilih mundur dari tim nasional setelah menerima banyak kecaman usai bertemu dengan presiden Turki, Reccep Tayyep Erdogan, beberapa waktu lalu. Lewat surat terbukanya, ia mengutarakan sudah tidak tahan lagi diperlakukan tidak adil oleh publik Jerman.

Mendengar rekannya itu pensiun, Bellerin pun angkat suara. Menurutnya, sikap Oezil itu sebagai bentuk perlawanan terhadap rasisme yang belakangan ia rasakan.

Mesut Oezil, Pensiun, Maher Zain
zimbio.com

“Sangat disayangkan bahwa seseorang yang telah melakukan banyak hal untuk negaranya di dalam dan luar lapangan diperlakukan dengan tidak hormat seperti itu. Selamat Oezil, teruslah berdiri dengan sikap seperti ini,” tulis Bellerin di Twitter-nya, Senin (23/7/2018).

Oezil mendapat kecaman luar biasa dari publik Jerman, termasuk Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) usai menemui Erdogan beberapa waktu lalu. Bahkan ketua DFB, Reinhard Grindel, sampai mengutuk pertemuan tersebut dan menyebut Oezil sebagai kotoran dari Turki.

Kecaman terhadap Oezil diperparah dengan kegagalan Der Panzer di Piala Dunia 2018. Mereka gagal total setelah tidak mampu lolos dari babak grup karena hanya mencatatkan sekali menang dan dua kali menelan kekalahan.

“Saya menjadi orang Jerman ketika kami menang, tapi saat kalah, saya hanya seorang imigran,” tulis Oezil dalam surat pernyataannya tersebut.

Comments
Loading...