Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Timnas AS Gagal, Arena Tak Salahkan Siapa-Siapa

319

Football5Star.com, Indonesia – Kegagalan timnas Amerika Serikat (AS) lolos ke Piala Dunia 2018 diakui pelatih Bruce Arena sebagai kesalahan timnya. Namun, dia juga menunjuk faktor keberuntungan di balik kemenangan sang lawan, Trinidad & Tobago, yang mengakibatkan timnas AS tersingkir.

“Pertandingan ini, dalam pandangan saya, sebenarnya sangat sempurna bagi AS. Namun, kami gagal (memanfaatkannya),” terang Arena usai pertandingan, Rabu (11/10/2017). “Tak ada alasan. Kami telah gagal. Setidaknya, kami seharusnya meraih satu poin pada hari ini. Saya bertanggung jawab atas hal itu.”

Terkait dua gol lawan, Arena tak menyalahkan pemain-pemainnya, terutama kiper Tim Howard dan bek Omar Gonzalez. “Gol pertama itu berbau keberuntungan. Begitulah sepak bola. Sementara itu, gol kedua memang luar biasa,” ungkap dia.

Gol pertama yang bersarang di gawang Howard berasal dari bunuh diri Gonzalez saat berusaha menghalau umpan silang. Namun, bola yang membentur kakinya malah melambung parabola dan menghunjam ke gawang Howard. Adapun gol kedua dari Alvin Jones memang sulit dihentikan. Tendangan jarak jauhnya begitu keras.

Toh, Gonzalez tak urung merasa terpukul. “Ini hari terburuk sepanjang karierku. Ini seharusnya sebuah pesta perayaan (kelolosan). Namun, kini aku bahkan tahu apa yang harus kukatakan,” ungkap dia kepada para wartawan di mixed zone Stadion Ato Boldon.

Kegagalan memetik poin membuat Sam’s Army harus gigit jari karena Honduras dan Panama justru mampu memetik kemenangan atas lawan masing-masing. Ini juga merupakan kegagalan pertama AS berpartisipasi di Piala Dunia dalam tiga dekade. Kali terakhir mereka absen di Piala Dunia 1986 yang digelar di Meksiko.