Timnas Spanyol Berhentikan Lopetegui

125

Football5star.com, Indonesia  – Timnas Spanyol resmi memutus hubungan kerja mereka dengan pelatih Julen Lopetegui jelang Piala Dunia. Keputusan ini disinyalir akibat keputusan Lopetegui yang akan melatih Real Madrid musim depan.

Selasa (12/6), Real Madrid resmi menunjuk Lopetegui sebagai penggganti Zinedine Zidane yang mundur. Pria 51 tahun itu akan bergabung setelah tugasnya di Piala Dunia bersama timnas Spanyol selesai.

Julen Lopetegui vs Timnas Kostarika (zimbio.com)_cr
zimbio.com

“Kami telah memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional. Kami sangat berterima kasih atas semua kerja keras dan dedikasinya selama menangani tim nasional. Kami juga berharap ia dapat meraih kesuksesan di masa depan,” ujar presiden asosiasi sepak bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales.

“Saya paham Real Madrid saat ini sedang mencari pelatih terbaik. Saya tak memiliki opini khusus mengenai perilaku Real Madrid. Namun, kami sebagai federasi sepak bola memiliki kewajiban untuk mewakili seluruh warga Spanyol,” lanjut Rubiales dalam sesi jumpa pers pada Rabu (13/6).

Walaupun sudah resmi memecat Lopetegui, Rubiales belum mengumumkan siapa yang akan melatih Sergio Busquets dkk di Piala Dunia mendatang. Menurut spekulasi yang beredar, nama Fernando Hierro menjadi favorit untuk mengasuh Spanyol di Piala Dunia.

Selama 2 tahun melatih La Furia Roja, Lopetegui belum sekalipun merasakan kekalahan. Dari 20 laga, ia tercatat berhasil memenangakan 14 pertandingan dan imbang di sisa 6 pertandingannya.