UEFA Rencanakan Kompetisi Ketiga di Eropa untuk 2021

60

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Andrea Agnelli, ketua European Club Association (ECA), memberi kabar bahwa pihaknya memberi lampu hijau untuk rencana kompetisi ketiga. Selama ini, Eropa hanya memiliki Liga Champions dan Liga Europa di level kontinental. Menurut Agnelli, sistem itu perlu diperbaharui.

“Model yang ada sekarang perlu dibuat lebih modern. Detail tentang hal ini masih akan ditinjau menyesuaikan kalender internasional setelah tahun 2024 nanti,” ujar Agnelli yang juga menjabat sebagai Presiden Juventus ini di situs resmi UEFA.

Sistem baru ini akan menambah jumlah peserta kompetisi Eropa dari 80 klub menjadi 96 klub. Terakhir kali, UEFA pernah memiliki kompetisi bernama Piala Winners. Kompetisi ini sendiri mempertemukan para pemenang piala-piala domestik di liga masing-masing yang ada di seantero Eropa. Sayang, turnamen ini terakhir dihelat tahun 1999 lalu.

UEFA
Foto: uefa.com

Walau masih perlu peninjauan lebih jauh, ini bisa membuat semarak kompetisi Eropa semakin meriah. Selama ini, Liga Champions memang terlalu dikuasai para big boys Benua Biru. Sebagai contoh, tiga musim terakhir, Real Madrid sangat mendominasi Liga Champions.

Sementara Liga Europa punya masalah mereka sendiri. Gengsi mereka terlampau jauh dengan Liga Champions. Selain itu, Liga Europa selalu dicibir sebagai kompetisi buangan karena banyak peserta Liga Champions yang gugur di fase-fase tertentu, akhirnya terlempar di kompetisi kasta kedua Eropa itu.

Adanya kompetisi ketiga memang perlu ditinjau lebih tentang detail peserta dan sistemnya. Bila sesuai dengan rencana UEFA, berarti otoritas tertinggi sepak bola Eropa ini punya waktu tiga tahun dari sekarang untuk menyiapkan dengan matang sistem yang dibutuhkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.