UEFA akan Tinjau Kembali Aturan Gol Tandang

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Sederet pelatih top Eropa meminta UEFA untuk meninjau aturan gol tandang di kompetisi naungan UEFA. Beberapa pelatih top itu di antara lain Carlo Ancelotti, Unai Emery, Arsene Wenger, Jose Mourinho, Julen Lopetegui, hingga Thomas Tuchel.

Selain meminta tinjau kembali aturan gol tandang, mereka juga meminta penutupan bursa transfer agar serentak. Pertemuan antara UEFA dan para pelatih-pelatih papan atas Eropa berlangsung di markas UEFA di Swiss.

UEFA
Foto: bbc.co.uk

“Para pelatih beranggapan bahwa mencetak gol tandang tidak sesulit seperti zaman dahulu. Mereka kemudian meminta kami (UEFA) meninjau kembali aturan gol tandang dan itu yang akan kami lakukan,” ujar Sekretaris Jenderal UEFA, Giorgio Marchetti, dikutip dari situs resmi mereka.

Aturan gol tandang mulai diterapkan pada tahun 1965 di kompetisi Piala Winners. Kala itu, aturan gol tandang dianggap sebagai pengganti tos koin untuk menentukan pemenang setelah dua leg berlangsung. Kala itu, pertandingan tandang ke markas lawan dianggap sangat berat dan menantang. Itu sebab awal kenapa kemudian aturan gol tandang diterapkan untuk memberi nilai bagi tim yang sanggup cetak gol di markas lawan.

Tapi kini, menurut Marchetti, para pelatih beranggapan bahwa aturan gol tandang kini semakin kontra-produktif. Mereka merasa bahwa aturan gol tandang membuat tim-tim yang main di kandang cenderung tampil defensif dan main aman.

Selain soal aturan gol tandang, Marchetti dan UEFA juga akan meninjau usulan soal penutupan bursa transfer musim panas yang serentak. Pelatih-pelatih tersebut meminta agar kompetisi di negara lain meniru langkah Inggris dan Italia yang menutup bursa transfer sebelum kompetisi dimulai. Di Jerman, Prancis, dan Spanyol, mereka masih melakukan aktivitas transfer sampai 31 Agustus, ketika kompetisi sudah berjalan.

“Para pelatih meminta ada kesepakatan bersama soal penutupan bursa transfer musim panas. Mereka meminta agar penutupan bursa transfer bisa serentak dan ditutup sebelum kompetisi dimulai. Itu juga menjadi hal yang kami akan tinjau lagi bersama-sama,” tutup Marchetti.

Comments
Loading...