Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Ventura Pernah Dipecat Napoli Saat Masih di Serie C

124

Fotball5star.com, Indonesia – Giampiero Ventura, pelatih Timnas Italia, rupanya pernah dipecat oleh Napoli saat masih berkutat di Serie C pada 2005 lalu. Hal tersebut dinyatakan oleh presiden Partenopei, Aurelio De Laurentiis.

Saat itu, hanya berselang tiga bulan dari penunjukkannya, Ventura dipecat seusai laga menghadapi Fermana di Stadion San Paolo yang berakhir imbang dengan skor 1-1. Pemecatan tersebut akibat dari gagalnya allenatore berusia 69 tahun itu mendongkrak performa Napoli.

Pernyataan tersebut juga sebenarnya bermakna sindiran bagi presiden FIGC, Carlo Tavecchio, selaku otoritas tertinggi sepak bola Italia karena masih mempertahankan Ventura sebagai pelatih Gli Azzurri.

Aurelio De Laurentiis VS Manchester City (zimbio.com)
zimbio.com

Menurutnya, Tavecchio adalah orang yang paling patut disalahkan akibat gagalnya Timnas Italia menuju Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Presiden FIGC, Carlo Tavecchio, adalah satu-satunya yang bertanggung jawab atas semua ini. Karena dia mempertahankan pelatih yang sangat bagus. Tapi saya pernah memecatnya (Ventura)  di Serie C setelah tiga bulan,” kata De Laurentiis kepada Sky Sport Italia, Selasa (14/11/2017).

Saat itu, dari 19 pertandingan yang dilalui oleh Ventura, ia hanya berhasil membawa Napoli menang sebanyak tujuh kali. Sisanya, klub kebanggan Kota Naples tersebut masing-masing meraih enam kekalahan dan hasil imbang.

Sedangkan bersama Timnas italia, Ventura membawa Gli Azzurri menang dalam 10 pertandingan, imbang 4 kali, dan sisanya kalah 3 kali. Setelah gagal lolos, dirinya menolak mundur karena masih mempunyai kontrak dua tahun tersisa.