Wenger: Sepak Bola Akan Berubah Drastis

Football5star.com, Indonesia – Praktisi sepak bola asal Prancis, Arsene Wenger, menilai publik dunia harus bersiap dengan perubahan. Setidaknya dalam lima tahun ke depan, akan ada banyak perubahan ekstrem dari olahraga paling populer di dunia tersebut.

Beberapa indikasinya, menurut Wenger, bisa terlihat dari pengaruh fans lewat media sosial. Saat ini, media alternatif tersebut dianggap sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pemaasaran sebuah entitas sepak bola baik pemain atau klub.

“Siapa tahu lima tahun mendatang, akan ada pergantian pemain lewat media sosial. Sejak babak pertama bahkan mereka sudah membicarakan siapa pemain yang harus masuk di babak kedua. Aku punya firasat hal seperti ini akan terjadi nantinya,” paparnya seperti dikutip dari SPORTBible.

Hal seperti ini membuat pihak klub mau tidak mau sudah harus menetapkan posisi agar tidak mudah goyah oleh faktor eksternal. Pria yang juga pernah menangani Arsenal lebih dari dua dekade tersebut menambahkan, bukan tidak mungkin perhatian publik perlahan akan bergeser ke pemain.

Menurut Calderon, Neymar haru belajar dari rekannya di PSG, Kylian Mbappe. (football5star.com / thenational.ae)
thenational.ae

“Kekuatan klub akan semakin tergerus seiring meningkatnya pamor pemain. Kita bisa melihat apa yang terjadi pada Real Madrid ketika Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus. Demikian pula dengan Neymar yang punya lebih banyak pengikut dibandingkan Ligue1,” imbuhnya.

Wenger pun sempat menyatakan soal rencana kembali ke lapagnan hijau dalam waktu dekat. Meski demikian, belum diketahui klub mana yang nantinya akan ia tangani setelah “beristirahat” selama setengah musim setelah melepas jabatan di Arsenal akhir musim lalu.

Comments
Loading...