Intimidasi Wartawan, Hisyam Tolle Dikecam Aliansi Jurnalis Indonesia

Football5Star.com – Perilaku brutal Achmad Hisyam Tolle mendapat kecaman dari Aliansi Jurnalis (AJI) Yogyakarta. Hal itu setelah pemain PSIM Jogjakarta tersebut melakukan intimidasi kepada pewarta yang meliput untuk menghapus fotonya.

Seperti diketahui, Achmad Hisyam Tolle belakangan menjadi perbincangan di media sosial akibat ulahnya yang menjurus brutal. Dia melakukan tendangan kungfu kepada pemain Persis Solo dalam laga PSIM vs Persis, Senin (21/10).

Tak cuma itu, usai melakukan tendangan kungfu, Achmad Hisyam Tolle secara brutal mengintimidasi wartawan Goal Indonesia, Budu Cahyono. Hisyam Tolle menghampiri dan meminta foto-foto soal dirinya dihapus.

Ricuh, Pemain PSIM Lakukan Tendangan Kungfu ke Pemain Persis Solo

“Kamera memang sempat diambil sama Tolle, namun saya bilang ke dia, jangan di sini (pinggir lapangan) hapus fotonya karena biar lebih aman lantaran kondisi sudah rusuh di dalam lapangan,” bolang Budi dalam rilisnya.

Lalu, Budi diajak oleh pemain PSIM lainya untuk ke ruang ganti. Intimidasi kemudian masih berlanjut di ruang ganti pemain. Achmad Hisyam Tolle meminta foto dirinya untuk dihapus.

Ketua Aji Yogyakarta, Tommy Apriando, menyebut hal ini sudah masuk ke dalam tindakan kekerasan terhadap jurnalis. Dia sudah menghalangi hak publik memperoleh berita akurat dan benar. “Jurnalis itu bekerja untuk kepentingan publik,” tegas Tommy.

Selain Budi, wartawan lain bernama Guntur Aga Putra jua mengalami intimidasi dalam laga PSIM vs Persis. Dia bahkan dicekik dan kameranya dirampas oleh oknum suporter.

Dalam UU 40/199 tentang pers, sebenarnya tercantum setiap orang yang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00.(Lima ratus juta rupiah)

Comments
Loading...