Irfan Bachdim Sebenarnya Naturalisasi atau Bukan? Ini Kata PSSI

Football5star.com – Belakangan ramai perbincangan soal status Irfan Bachdim yang kembali mengemuka. Banyak yang menyebut Irfan merupakan pemain naturalisasi, tapi PSSI menyebutnya asli Warga Negara Indonesia.

Nama Irfan memang sempat ramai saat Indonesia giat melakukan naturalisasi pada 2010 lalu. Tapi nyatanya dia sudah sejak awal mengantongi paspor Indonesia. Irfan lebih memilih jadi WNI ketimbang Belanda.

Pemain 31 tahun itu memang lahir di Amsterdam, Belanda. Namun, ketika berusia 18 tahun atau saat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dia memilih menjadi WNI. Begitu-lah yang dijabarkan oleh PSSI.

Irfan Bachdim - Timnas Indonesia - Football5star
instagram.com/ibachdim

“Betul. Irfan Bachdim itu memang sejak awal WNI. Dia bukan proses naturalisasi. Tapi memilih untuk jadi WNI,” ungkap Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, saat dihubungi Football5star secara singkat.

Striker Bali United itu masuk dalam 24 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. Dalam daftar itu, ada enam nama yang berasal dari proses naturalisasi, yakni Otavio Dutra, Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves, dan Osas Saha.

Bali United sendiri menyumbangkan empat nama ke Timnas Indonesia. Selain Irfan Bachdim, ada pula Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly dan I Made Andhika Wijaya.

“Kami mencari pemain yang bisa menjadi role model, pemain yang mampu menjalankan instruksi serta mampu bermain dalam sistem yang kita inginkan,” bilang pelatih Simon McMenemy dalam laman resmi PSSI.

Comments
Loading...