Irlandia ke Euro 2016, Roy Keane Berjasa Besar

Republik Irlandia memastikan tempat di Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Bosnia Herzegovina dalam play-off Kualifikasi Piala Eropa 2016, Selasa (17/11) dinihari WIB. Aiden McGeady dkk menyingkirkan Bosnia dengan skor agregat 3-1.

Keberhasilan Irlandia lolos ke Euro 2016 tidak lepas dari jasa besar Roy Keane. Mantan kapten Manchester United itu adalah asisten pelatih Irlandia sejak 2013. Ia mendampingi Martin O’Neill selaku pelatih utama.

O’Neill mengakui bahwa kesuksesan Irlandia tak lepas dari kerja Keane. Meski sosoknya berada di bawah bayang-bayang pelatih utama, apa yang dilakukan Keane kepada para pemain Irlandia tak bisa dikesampingkan begitu saja.

“Jika anda berbicara soal keputusan penting, maka mendatangkan Keane adalah salah satunya. Dia berarti penting untuk kami dan seluruh staf. Dia tak mendapat banyak pujian, tapi kerjanya fantastis bagi kami. Terutama bagi pemain,” ujar O’Neill.

Legenda sepak bola Irlandia, Niall Quinn, juga menghargai jasa besar Keane dalam keberhasilan Irlandia. Menurutnya, pengalaman dan gairah Keane terhadap sepak bola berarti penting dalam meningkatkan motivasi para pemain, terutama pemain muda.

“Awalnya menjadikan Keane sebagai asisten pelatih dianggap kontroversial. FAI pasti sering mendapat pertanyaan ‘apakah ini langkah tepat?’ Bagi Keane, hasil ini membuktikan keberhasilannya sebagai sosok nomor dua. Dia meletakkan hal kecil yang menghasilkan sesuatu yang besar bagi para pemain muda. Mereka diuntungkan oleh keahlian dan pengalaman Keane,” tandas Quinn.

Comments
Loading...