Istanbul Basaksehir Juara Liga Turki untuk Pertama Kalinya

Football5star.com, Indonesia – Kejutan terjadi di Liga Turki musim ini. Istanbul Basaksehir menggebrak dengan menjuarai liga untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

Kepastian Istanbul Basaksehir juara didapat setelah menang tipis 1-0 atas Kayserispor pada pekan ke-33. Kemenangan tersebut membuat mereka unggul tujuh poin dari Trabzonspor yang ada di peringkat kedua.

Dengan kompetisi yang menyisakan satu pertandingan lagi, perolehan poin klub asuhan Okan Buruk sudah tidak mungkin dikejar lagi. Mereka kini sudah sah ditasbihkan sebagai juara untuk pertama kalinya.

Merangseknya Istanbul Basaksehir ke jajaran papan atas Liga Turki sudah diprediksi banyak pihak. Pasalnya mereka memiliki skuat mumpuni musim ini. Beberapa diantaranya bahkan pernah mencicipi kompetisi top Eropa.

Sebut saja Martin Skrtel yang pernah main untuk Liverpool, Gokhan Inler eks Napoli, bintang Brasil, Robinho, hingga eks bomber Chelsea, Demba Ba. Nama terakhir pun menjadi top skorer klub musim ini dengan koleksi 12 gol.

Di sisi lain, Istanbul Basaksehir bukan termasuk klub tradisional Turki seperti Galatasaray, Besiktas, maupun Fenerbahce. Mereka baru berdiri 1990 silam. Ketika itu statusnya masih sebagai klub amatir.

Baru pada musim 2007-2008 klub milik Goksel Gumusdag tampi di kasta tertinggi Liga Turki. Namun, performa mereka sempat menurun lagi saat terdegradasi lima musim kemudian.

Setelah itu Istanbul Basaksehir terus berbenah hingga mengganggu hegemoni Galatasaray, Besiktas, dan Fenerbahce. Sejak enam musim terakhir klub besutan Okan Buruk tak pernah keluar dari empat besar. Dan puncaknya pun terjadi musim ini dengan memenangkan liga.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More