Ivan Klasnic yang Tak Pernah Mau Menyerah

Football5Star.com, Indonesia – Ivan Klasnic memang bukan superstar di sepak bola dunia. Namun, soal ketangguhan mental, pria asal Kroasia itu berada di posisi terdepan. Buktinya, meski berkali-kali menjalani transplantasi ginjal, dia tetap tak mau menyerah. Kini, dia pun masih memikirkan kembali berlaga di lapangan hijau.

Hal tersebut diungkapkan Klasnic dalam wawancara dengan Weser Kurier, Rabu (27/12/2017). “Setelah menjalani transplantasi ginjal terakhir, aku mendapatkan tawaran lagi sebagai pemain. Mungkin itu jadi salah satu pilihan bagiku. Kini, aku punya waktu hingga musim panas untuk kembali bugar,” urai dia.

Ivan Klasnic usai menjalani transplantasi ginjal untuk kali ketiga.
vecernji.hr

Itu sungguh mengejutkan. Pasalnya, pada 17 Oktober lalu, dia baru saja menjalani transplantasi ketiga. Sudah begitu, umurnya pun tak lagi muda. Saat ini, mantan pemain Werder Bremen tersebut sudah berumur 37 tahun.

Toh, di mata Klasnic, itu hal biasa. Dia yakin masih bisa bangkit dan kembali bermain sepak bola. “Transplantasi itu seperti berganti mesin. Jadi, aku saat ini punya mesin baru,” ucap dia lagi. “Setelah transplantasi pertama, aku bisa kembali bermain. Mengapa sekarang tidak bisa?”

Lebih jauh, dia menambahkan, “Aku belum menjalani laga perpisahan. Jadi, aku belum resmi gantung sepatu. Aku telah berbicara dengan Baumi (Frank Baumann, Direktur Olahraga Bremen, Red.) tentang itu. Aku ingin melakukan itu di Stadion Weser. Belum ada kesepakatan pasti. Pertama-tama, Claudio (Pizarro) yang akan melakukan laga perpisahan. Setelah itu, kita tunggu sajalah.”

Klasnic didiagnosis mengalami gagal ginjal saat masih aktif sebagai pemain. Setelah mengalami kegagaan transplantasi pertama pada awal 2007, dia menjalani transplantasi kedua pada tahun itu juga dan bisa kembali bermain untuk Bremen di Bundesliga 1. Dia bahkan kembali memperkuat timnas Kroasia pada tahun berikutnya.

Pada September 2016, dokter menyatakan ginjal yang ditransplantasi ke tubuh klasnic mengalami kegagalan fungsi. Pria asal Kroasia itu pun dinyatakan berada dalam kondisi kritis. Namun, pada Oktober lalu, dia akhirnya mendapatkan asa baru dengan transplantasi ginjal untuk kali ketiga yang dilakukan di salah satu rumah sakit di Zagreb.

Comments
Loading...