Iwobi Harusnya Membela Timnas Inggris

Football5Star.com, Indonesia – Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengatakan bahwa seharusnya winger Alex Iwobi membela timnas Inggris. Namun, menurut dia, karena pihak Football association (FA) tak punya kemauan, jadilah sang pemain memilih tanah leluhurnya, Nigeria.

“Dia punya kans membela Inggris atau Nigeria,” urai Wenger seperti dikutip London Evening Standard, Jumat (10/11/17). “Sekarang, saya lihat dia sangat senang membela negeri leluhurnya. Ketika saya mengajaknya mengobrol, dia mengaku punya pengalaman positif.”

Bagi Nigeria, kata The Professor, kehadiran anak asuhnya itu memberikan kualitas tersendiri. Pasalnya, Iwobi terbilang kreatif dan mampu memanfaatkan ruang sekecil apa pun.

Alex Iwobi pernah memperkuat timnas junior Inggris.
theguardian.com

“Saat terbuka kesempatan, pihak Inggris tidak terlalu ngotot. Beda halnya dengan Nigeria yang menunjukkan minat besar kepada dia,” ungkap Wenger lagi.

Bagi The Professor, seharusnya Inggris berusaha lebih keras dan cepat tanggap. Pasalnya, “Saya sudah sangat sering melihat anak-anak dari orang tua yang berasal dari Nigeria selalu ingin kembali ke negeri orang tuanya.”

Iwobi lahir di Lagos, namun pindah ke London pada umur 4 tahun. Dia sempat membela timnas U-16, U-17, dan U-18, tapi tak pernah mendapat kesempatan membela timnas U-21 Inggris. Pada awal Oktober 2015, Tim Elang Super secara mengejutkan melayangkan panggilan kepada pemain yang kini berumur 21 tahun itu.

Entah karena menyesal atau baru sadar, FA baru mengajukan tawaran bergabung kepada Iwobi pada Maret tahun lalu. Itu tepat sebelum sang pemain melakukan debutnya untuk Tim Elang Super. Tentu saja tawaran itu ditolak.

Iwobi saat ini telah mengemas 12 caps bagi Nigeria dan mencetak dua gol. Saah satunya adalah gol penentu kemenangan pada menit akhir saat melawan Zambia pada Oktober lalu. Berkat gol itu, Elang Super memastikan berpartisipasi di putaran final Piala Dunia 2018.

Comments
Loading...