Jabatan Sekjen FIFA Diisi Seorang Perempuan Senegal

Dalam Kongres FIFA di Meksiko, selain pencabutan sanksi Indonesia, ada lagi kabar menarik yang muncul. Sebuah sejarah baru tercatat, untuk pertama kalinya jabatan Sekretaris Jenderal FIFA diisi oleh seorang perempuan.

Adalah Fatma Samba Diouf Samoura, seorang berkebangsaan Senegal yang ditunjuk sebagai Sekjen FIFA menggantikan posisi Jerome Valcke. Seperti diketahui, Valcke dipecat setelah terindikasi terlibat sebuah kasus korupsi.

Samoura sejatinya memiliki sepak terjang yang cukup apik, meski bukan di ranah sepak bola. Dia telah menghabiskan 21 tahun bekerja untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Samoura adalah perempuan yang memiliki pengalaman internasional serta visi. Dia telah bekerja pada beberapa masalah yang paling menantang selama ini,” ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino¬†dalam situs resmi FIFA.

Presiden FIFA yang baru itu menambahkan, “Dia telah membuktikan diri jika dia mampu membangun dan memimpin sebuah tim, serta meningkatkan kinerja suatu organisasi. Penting bagi FIFA, karena dia begitu transparan dan bertanggung jawab, hal tersebut adalah kunci untuk menjalani sebuah tanggung jawab di organisasi.”

Sementara itu, Samoura mengaku begitu tersanjung karena ditunjuk sebagai Sekjen FIFA. Dirinya akan mulai bertugas pada pertengahan Juni mendatang.

“Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi saya dan saya begitu terhormat untuk bisa mengisi posisi Sekjen FIFA. Saya percaya posisi ini sempurna dengan kemampuan serta pengalaman yang saya miliki untuk membantu sepak bola terus berkembang di seluruh dunia,” sebut dia.

Comments
Loading...