Jadi Asisten Pelatih Belanda, Ruud Gullit Merasa Bangga

Football5star, Indonesia – Legenda Belanda, Ruud Gullit, mengaku bangga mendapat kesempatan menjadi asisten pelatih timnas sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018.

Ini menjadi kali pertama bagi Ruud Gullit kembali ke dunia kepelatihan sejak 2011 lalu, Terakhir, Gullit menjadi pelatih klub Rusia, Tarek Grozny pada 2011.

“Saya merasa terhormat bisa menjadi asisten pelatih di tim nasional belanda. Saya sebelumnya juga pernah duduk di sisi meja dalam konferensi pers seperti ini dan tahu betapa tak mudahnya merasakan di kritik,” kata Ruud Gullit seperti dikutip Football Oranje, Rabu (7/6/2017).

Kini, tugas berat menanti Ruud Gullit bersama pelatih Dick Advocaat. Mereka harus meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2018.

Saat ini, Belanda berada di posisi keempat klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan koleksi tujuh poin hasil dua kali menang, satu imbang, dan dua kalah. Wesley Sneijder dan kawan-kawan tertinggal empat poin dari Prancis di puncak klasemen sementara.

“Namun, saya memiliki keuntungan karena telah bermain sepak bola sebagai profesional. Tidak ada satu pun pemain yang ingin bermain buruk dan alasan mereka bermain buruk terkadang memiliki penyebab di belakang mereka dan saya sudah tahu penyebabnya,” ujar Ruud Gullit yang membela De Oranje rentang 1981-1994.

“Saya akan mencoba menghindari Belanda dari kekalahan dan akan campur tangan untuk bisa berbicara dengan pemain. Saya tahu permasalahannya dan ini akan menjadi tugas saya,” ujar Ruud Gullit.

Pada laga selanjutnya, Belanda akan menjamu Luksemburg pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion De Kuip, Jumat (9/6/2017).

BelandaKualifikasi Piala Dunia 2018Ruud Gullit