Jadi Bintang Persib, Ini Alasan Djadjang Nurdjaman Pensiun

Football5Star.com, Indonesia – Mantan pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, buka suara soal alasan pensiun meski masih jadi bintang kala itu. Dia menyebut kalau memang usianya saat itu sudah tak bisa dipaksakan.

Djadjang Nurdjaman menjadi salah satu pemain sukses yang pernah dimiliki Persib Bandung. Dia bahkan sempat menjadi pahlawan saat Maung Bandung juarai kompetisi pada 1986 lewat gol semata wayangnya.

Tak cuma itu, pelatih yang kini membesut Barito Putera itu jua sempat mengemas dua assist yang mengantarkan Persib juarai Perserikatan 1989–90. Tapi, setelah berhasil membawa Persib juara lagi musim 1993-94, Djadjang memutuskan pensiun.

Jadi Bintang Persib, Ini Alasan Djadjang Nurdjaman Pensiun

“Ya saya tahu diri lah, bisa ukur kemampuan, waktu itu banyak pemain muda segar. Saatnya saya berhenti. Kalau dibilang masih jago enggak lah. Sisa-sisanya memang masih ada, kalau level kopetisi enggak. Makanya saya berhenti,” kata Djadjang Nurdjaman dikutip dari Podcast Simamaung Episode 19.

Semusim berselang, Djadjang lantas diangkat menjadi asisten pelatih di bawah Indra Thohir. Dia mengaku sempat dimintai bantuan oleh pelatih legendaris Maung Bandung itu.

“Saya sedang di rumah kemduian dipanggil Pak Thohir. ‘Djang, bantuannya euy.’ Lalu ada turnamen di Bogor, saya kemudian ditunjuk sebagai asisten Pak Thohir dan berhasil juara Perserikatan 94,” papar dia.

Meski memang saat itu dirinya tak dibekali lisensi kepelatihan. “Ya itu kebaikan Pak Thohir belum ada aturan lisensi, jadi sah-sah saja untuk jadi pembantunya,” tutup Djadjang Nurdjaman.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More