Jadi Juara Belgia, Club Brugge Terancam Dicoret dari Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Tim asal Belgia, Club Brugge terancam tak bisa tampil di ajang Liga Champions pada musim 2020-21 mendatang setelah UEFA memberikan ancaman. Dalam suratnya, UEFA ingin seluruh kompetisi Eropa musim ini akan dilanjutkan hingga usai.

Sebagai jawara Belgia, Club Brugge seharusnya berhak tampil di babak grup Liga Champions pada musim 2020-21 mendatang. Namun, status tersebut bisa dihilangkan oleh UEFA apabila Badan Liga Belgia tetap bersikukuh menghentikan kompetisi.

“Kami sangat yakin kompetisi domestik musim ini akan bisa dilanjutkan dengan syarat yang ditetapkan oleh pemerintah setempat. Kami yakin keputusan untuk menghentikan liga di tengah-tengah musim tak bisa dibenarkan,” tulis UEFA dalam surat edarannya.

Club Brugge - Liga Champions - UEFA - Belgia - uefa. com
uefa.com

“Salah satu syarat untuk tampil di kompetisi Eropa adalah prestasi di liga domestik, penghentian liga di tengah musim tak akan bisa membuat tim juara memenuhi syarat yang sudah ditetapkan,” sambung pernyataan tersebut.

Club Brugge merupakan salah satu peserta Liga Champions musim 2019-20. Namun, mereka harus turun kasta ke Liga Europa setelah kalah saing dengan dua tim raksasa, Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG).

Di Liga Europa, nasib Simon Mignolet dkk tetap tak membaik. Pasalnya, mereka langsung disingkirkan perwakilan Inggris, Manchester United, di babak 32 besar.

Club Brugge berhak menjadi jawara setelah Liga Belgia resmi dihentikan pada Kamis (2/4) lalu. Di tabel klasemen, Blauw-Zwart memiliki keunggulan 15 poin dari KAA Gent yang menghuni posisi runner up.