Jadi Juara Liga Inggris, Liverpool Klub Terkaya di Dunia?

Football5star.com, Indonesia – Liverpool sukses meraih gelar juara Liga Inggris musim 2019-20. Gelar ke-19 The Reds ini resmi diraih setelah Chelsea kalahkan Manchester City dengan skor 2-1, Jumat (26/6/2020). Menjadi kampium Liga Inggris, apakah The Reds kemudian menyandang status klub terkaya di dunia?

Dikutip Football5star.com dari Forbes, anak asuh Jurgen Klopp tersebut bukan menjadi klub terkaya di dunia. Klub terkaya di dunia masih punya klub Real Madrid, sedangkan Liverpool hanya bertengger di posisi kedelapan.

Kubu The Reds mengantongi pendapatan hanya untuk tiket di tiap pertandingan sebesar 373 juta dolar Amerika Serikat. Sedangkan untuk hak siar, mereka mendapat pemasukan sebesar 1,2 miliar dolar Amerika Serikat. Sedangkan dari hak komersil, Mohamed Salah dkk mendapat 580 juta dolar Amerika Serikat.

Ikrar Juergen Klopp Terealisasi Setelah Lewati 175 Pertandingan

Hadiah Juara Liga Inggris

Tentu saja angka ini bisa menurun pasca adanya pandemi corona dan semua klub di Liga Inggris melanjutkan pertandingan tanpa adanya penonton. Sedangkan dari data dari Deloitte Football Money League per April 2020, The Reds berada di peringkat ke-7 di bawah Manchester City dengan total kekayaan sebesar 604 juta euro.

Sedangkan untuk peringkat pertama, di tempat oleh Barcelona dengan total kekayaan sebesar 840 juta euro. Klub Catalan itu menggeser posisi Real Madrid di posisi kedua dengan total kekayaan sebesar 757 juta euro.

Lantas berapa hadiah yang bakal diterima Liverpool sebagai juara Liga Inggris musim ini? Angkanya masih belum diumumkan oleh otoritas Liga Inggris. Namun berkaca pada musim lalu, City saat menjadi juara mendapat hadiah sebesar 38,4 juta poundsterling, sementara Liverpool di peringkat kedua di musim lalu kantongi 36,5 juta poundsterling.

Yang menarik, meski tak juara di musim lalu, The Reds faktanya mengantongi pendapatan yang lebih banyak dibanding City. Sepanjang 2018/2019, mengutip laporan Liga Primer, Liverpool memperoleh total hadiah 152,42 juta poundsterling atau sekitar Rp 2,81 triliun dengan kurs saat ini. City berada di posisi runner-up dengan raihan 150,99 juta poundsterling (Rp 2,78 triliun).

Angka The Reds mendapat pemasukan lebih tinggi dibanding musim lalu karena faktor hak siar. Mohamed Salah dkk menjadi tim yang paling banyak disiarkan televisi pada musim lalu.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More