Jadi Megabintang, Cristiano Ronaldo Berutang kepada Laszlo Boloni

Football5Star.com, Indonesia – Cristiano Ronaldo, pemain Juventus, kini diakui sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Terkait kesuksesan itu, CR7 punya utang sangat besar kepada sosok Laszlo Boloni, pelatih yang kini menangani Royal Antwerp.

Laszlo Boloni adalah pelatih yang membuka jalan bagi Cristiano Ronaldo. Dialah yang mempromosikan dia dari tim junior ke tim senior Sporting CP. Dia pula yang memberikan kesempatan melakukan debut saat berumur 17 tahun.

Sejak awal, Boloni melihat potensi luar biasa pada diri Ronaldo. Hal itulah yang membuat dia berkeras membawa sang pemain belia ke tim utama. Bukan hanya kemampuan olah bola yang membuat sang pelatih terkesima, melainkan juga kedewasaan yang sudah diperlihatkan sejak awal.

Cristiano Ronaldo diubah dari seorang striker jadi winger oleh Laszlo Boloni.
marca.com

Secara khusus, ada satu hal yang jadi penentu kesuksesan dan kini jadi utang besar Cristiano Ronaldo kepada Boloni. Itu adalah perubahan posisi yang dilakukan terhadap dirinya. Bagaimanapun, andai tak berubah posisi, mungkin CR7 tak akan sedahsyat sekarang.

“Di tim junior, dia bermain sebagai nomor 9, tapi saya memutuskan dia bermain di sayap kanan. Soalnya, dia sangat muda dan bobotnya hanya 60 kg. Akan sangat sulit bagi dia untuk berhadapan dengan bek tengah berbobot 100 kg,” ujar Laszlo Boloni seperti dikutip Football5Star.com dari Marca.

Boloni punya keyakinan kuat, Cristiano Ronaldo akan lebih baik sebagai winger. “Di sayap, dengan kecepatan dan kemampuan dribelnya, dia akan jauh lebih efektif,” urai dia.

Perubahan itu pun tak mudah. “Saya senang telah membuat putusan itu, tapi awalnya tidaklah mudah. Bagi dia, hal yang paling diinginkan adalah dribel. Tugas saya adalah mengatakan bahwa melewati satu atau dua pemain itu penting, tapi melewati lima orang terlalu banyak,” kata Boloni lagi.

Lebih lanjut, Laszlo Boloni mengungkapkan, “Saya terus mencoba menjelaskan kepada dia hingga pada poin kapan dribel-dribel seperti itu akan bergua. Karena pandai, dia mulai berada di jalur yang benar.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More