Jadi Pencetak Gol Terbanyak, Messi Patahkan Dominasi Ronaldo

Football5star.com, Indonesia – Liga Champions 2018/2019 telah berakhir. Liverpool berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Gagal membawa Barcelona juara, Lionel Messi tetap memastikan diri meraih sepatu emas berkat gelar pencetak gol terbanyak dengan 12 gol. Total, striker asal Argentina telah mencetak 110 gol di Liga Champions sepanjang kariernya, hanya kalah dari Cristiano Ronaldo dengan 126 gol termasuk 6 golnya di Liga Champions musim ini.

Meski langkah timnya terhenti di babak semifinal akibat disingkirkan Liverpool, torehan gol Messi tidak terkejar oleh pemain lainnya. Torehan gol Messi hanya mampu didekati oleh striker Bayern Munich, Robert Lewandowski dengan 8 gol sebelum langkahnya terhenti oleh The Reds di babak 16 besar.

Rio Ferdinand - Lionel Messi -Barcelona - Liga Champions - Squawka
squawka.com

Semenyara itu, pemain dari finalis Liga Champions musim ini terpaut 7 gol dari torehan gol Messi. Mohamed Salah (Liverpool) berhasil mencetak 5 gol termasuk gol penaltinya ke gawang Spurs pada menit ke-2. Selain Salah, terdapat dua striker Spurs, Harry Kane dan Lucas Moura yang juga masing-masing mencetak 5 gol.

Fakta menarik lainnya, pencapaian Messi pada Liga Champions musim ini merupakan yang ke-6 kalinya sepanjang kariernya. Sebelumnya, striker berusia 31 tahun ini meraih gelar pencetak gol terbanyak pada musim 2008-09, 2009-10, 2010-11, 2011-12, dan 2014-15. Gelar pencetak gol terbanyak yang diraih Messi kali ini sekaligus mematahkan dominasi Cristiano Ronaldo selama enam musim terakhir.

Sedikit membedah catatan 12 gol Lionel Messi. Ia mendapatkan gelar pencetak gol terbanyak dari 10 pertandingan yang dijalani. Artinya, striker berjuluk La Pulga ini mampu mencetak 1.2 gol per pertandingan. Lebih baik dari catatan yang dimiliki Lewandowski yang mampu membuat 1 gol per pertandingan.

Menariknya, jika dirata-rata, Messi memiliki menit per gol yang sangat baik. Ayah dari tiga anak ini mencetak 1 gol setiap 70 menit. Sebab, 12 gol yang dicetaknya dari 837 menit bermain.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions 2018-19

12 – Lionel Messi (Barcelona)

8 – Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)

6 – Sergio Aguero (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Juventus), Moussa Marega (FC Porto), Dusan Tadic (Ajax Amsterdam)

5 – Edin Dzeko (AS Roma), Raheem Sterling (Manchester City), Harry Kane, Lucas Moura (Tottenham Hotspur), Mohamed Salah (Liverpool), Andrej Kramaric (Hoffenheim), Paulo Dybala (Juventus), Neymar (PSG)

Comments
Loading...