Jadi Penentu Kemenangan Juventus, Siapa Hamza Rafia?

Football5Star.com, Indonesia – Juventus berhasil lolos ke perempat final Coppa Italia setelah mengalahkan Genoa 3-2, (14/1/21). Namun, Bianconeri harus bermain sampai extra time karena hanya bisa bermain imbang 2-2 pada waktu normal. Mereka dipastikan lolos ketika salah satu pemain mudanya, Hamza Rafia mencetak gol ketiga di babak tambahan, siapa dia?

Rafia merupakan pemain asal Tunisia yang Juventus rekrut awal musim lalu dari tim reserve Olympique Lyon, atau Lyon II. Rafia sudah memperkuat Lyon sejak usia 11 tahun. Pembelian yang dilakukan Juventus untuk Rafia sebenarnya cukup unik. Juventus sebenarnya bisa mendapatkan sang pemain secara gratis karena kontraknya yang sudah habis.

Tapi demi menjaga hubungan baik antara Juve dengan Lyon, Juve meminta Rafia untuk menandatangani kontrak baru dengan Lyon supaya Juve bisa merekrutnya dengan uang. Rafia akhirnya dibeli dengan harga 400 ribu euro. Tapi, Rafia dibeli bukan untuk bermain di tim utama, melainkan di Juventus U23 yang bermain di Serie C.

Musim lalu, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu berhasil bermain 29 kali dan mencetak 3 gol di semua kompetisi. Salah satu golnya diciptakan saat Juventus berhasil mengalahkan Ternana di final Coppa Italia Serie C, 2-1.

Musim ini dia masih bermain di Juventus U23 dan sudah mencatatkan 13 penampilan dan 2 gol. Sampai akhirnya, pelatih Andrea Pirlo memanggilnya ke dalam skuad utama untuk laga babak 16 besar melawan Genoa dan memainkannya pada ke-77. Dia berhasil mencetak gol di menit ke-104 setelah memanfaatkan kemelut depan gawang Genoa.

Hamza Rafia lahir di Tunisia, tapi dia pindah ke Prancis saat masih belia. Itulah mengapa dia bisa memperkuat timnas Prancis ataupun timnas Tunisia. Setelah bermain beberapa kali di timnas Prancis usia muda, dia akhirnya memutuskan untuk bermain bersama Tunisia. Dia mendapatkan debutnya di timnas senior pada September 2019. Saat ini, Rafia sudah mendapatkan 5 caps untuk timnas Tunisia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More