Jadon Sancho Selalu Jadi Cadangan, Ada Apa Gerangan?

Football5Star.com, Indonesia – Coba lihat susunan awal sebelas pemain Borussia Dortmund dalam tiga laga terakhir. Di sana, ada sesuatu yang janggal. Selalu tak ada Jadon Sancho di sana. Pelatih Lucien Favre hanya menempatkan pemain timnas Inggris itu di bangku cadangan.

Fakta ini sangat mengherankan. Pasalnya, Jadon Sancho adalah pemain terbaik Borussia Dortmund musim ini. Dengan torehan 14 gol, dia adalah pemain tersubur. Di Bundesliga 1, koleksi golnya hanya kalah dari Robert Lewandowski (Bayern Munich) dan Timo Werner (RB Leipzig).

Dalam urusan membuat assist, Sancho saat ini bahkan terus bersaing ketat dengan Thomas Mueller. Dia sudah mencetak 16 assist atau hanya terpaut satu assist dari koleksi pemain Bayern Munich tersebut.

Lalu, apa gerangan yang terjadi? Menurut pelatih Lucien Favre dan Direktur Olahraga Michael Zorc, putusan itu semata-mata karena kondisi Sancho. Mereka menilai sang pemain tak dalam kondisi prima setelah Bundesliga 1 vakum selama enam pekan.

Jadon Sancho tak tampil apik saat Borussia Dortmund kalah dari Bayern Munich.
Getty Images

Selama enam pekan, Jadon Sancho hampir tak berlatih sama sekali. Gara-garanya, dia masih berkutat dengan cedera pada otot betisnya. Meskipun sekarang sudah membaik, kondisi fisiknya dinilai belum siap untuk bermain sebagai starter.

“Kami harus berhati-hati agar dia tak lagi cedera. Dia sudah dapat bermain lebih dari satu babak, tapi 90 menit masih sulit untuk saat ini,” kata Lucien Favre mengenai putusannya mencadangkan Sancho seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Favre berharap kondisi bintang mudanya kian membaik pada pekan-pekan ke depan. “Dia sudah kembali berlatih, itu sangat jelas. Anda bisa lihat, dia sedikit demi sedikit mulai kembali ke level yang sebenarnya,” ucap sang pelatih lagi.

Harapan serupa diungkapkan Michael Zorc. Secara khusus, dia menunjuk performa Jadon Sancho saat Borussia Dortmund menang atas VfL Wolfsburg. “Dia menunjukkan performa apik di Wolfsburg. Kami berharap akan secepatnya melihat dia dalam performa terbaik lagi,” ujar dia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More