Jalan Berliku Atalanta untuk Ukir Sejarah di Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Pada musim pertamanya berkiprah di Liga Champions, Atalanta langsung mengukir sejarah baru. Ya, mereka menembus babak 16 besar untuk pertama kali sepanjang sejarah klub.

Kepastian Atalanta ke 16 besar Liga Champions didapat setelah mereka mempecundangi tuan rumah, Shakhtar Donetsk, dengan skor meyakinkan, 3-0. Ketiga gol La Dea dicetak oleh Lucas Castagne, Mario Pasalic, dan Ryan Gosens.

Main di musim pertama dan langsung tergabung bersama klub-klub yang lebih berpengalaman seperti Manchester City, Shakhtar Donetsk, dan Dinamo Zagreb, banyak yang menduga jika Atalanta hanya akan jadi pemanis saja.

Atalanta - Gian Piero Gasperini - Liga Champions
uefa.com

Dugaan itu makin kuat karena banyaknya jalan berliku yang harus mereka lewati. Dimulai dari tak bisanya pasukan Gian Piero Gasperini memakai stadion Azzurri D’Atleti sebagai markas hingga memaksa mereka menjadi musafir ke San Siro, hingga performa buruk yang ditunjukkan di tiga laga awal.

Klub asal Bergamo mengawali Liga Champions dengan hasil memalukan. Papu Gomez dkk dibuat tak berdaya oleh tuan rumah Dinamo Zagreb. Di sana, mereka kalah 0-4.

Keadaan tidak juga membaik di laga kedua ketika menjamu Donetsk di San Siro. Sempat unggul lebih dulu, Atalanta harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 1-2. Kekalahan kembali berlanjut di laga ketiga ketika terbang ke Manchester.

Anak asuh Gasperini seolah diingatkan oleh Manchester City bahwa Liga Champions bukan kompetisi sembarangan. Alhasil, mereka kalah telak 1-5. Kekalahan demi kekalahan nyatanya membuat Atalanta terus belajar.

Peruntungan pun langsung berubah memasuki matchday keempat. Poin pertama bahkan diraih ketika Duvan Zapata dkk menjamu Manchester City yang saat itu berhasil ditahan imbang 1-1.

Setelah hasil imbang melawan City, klub asal Bergamo tampil tanpa celah. Mereka berhasil mengalahkan Dinamo Zagreb 2-0 dan akhirnya mencapai puncak kegemilangan dengan mempermalukan tuan rumah Shakhtar Donetsk 0-3 di laga pamungkas Grup C.

@Atalanta_BC

Laju Atalanta ke fase knockout memang tak lepas dari persaingan ketat di Grup C. Bagaimana tidak, hanya Manchester City yang terus meraih kemenangan, sedangkan tiga klub lainnya saling mengalahkan satu sama lain.

Alhasil, Atalanta yang hingga matchday kelima masih berada di peringkat ketiga dengan empat poin, langsung merangsek ke urutan kedua dengan tujuh angka. Mereka lolos ke-16 besar setelah unggul satu poin saja dari Shakhtar Donetsk.