Jalan Berliku Pemain Asli Indonesia yang Menapaki Karier di Belanda

Football5star.com, Indonesia – Wacana PSSI untuk melakukan naturalisasi kepada pemain muda Brasil menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat. Mayoritas tentu tak menghendaki adanya proses naturalisasi karena Indonesia memiliki talenta berbakat asli Indonesia.

Beberapa waktu ke belakang pemberitaan mengenai pemain muda yang memiliki darah Indonesia dan berkarier di luar negeri memang menghangat. Dari sekian banyak pemain tersebut, ada juga pemain yang asli berdarah Indonesia dan tengah menapai karier di Belanda. Ia adalah Richie Risnal.

Richie adalah orang Indonesia, kedua orang tuanya pun asli Indonesia. Ia berdarah Bandung, Jawa Barat dan mengaku sebagai bobotoh Persib. Tak seperti kebanyakan pemain muda lain yang berdarah Indonesia, Richie jauh dari sorot media.

Ia berproses dan melalui jalan panjang berkarier di sepak bola Belanda. Karier Richie di Belanda di mulai sejak usianya masih sangat muda. Ia bahkan sempat ikut menjadi bintang iklan bersama legenda Belanda, Edgar Davids.

Mantan pemain Juventus tersebut sempat memberikan pujian khusus untuk talenta Richie.

Jalan panjang Richie Risnal

Richie Risnal memulai kariernya di Bonjasky Academy. Menurut sang ayah, saat dihubungi Football5star.com, Senin (24/8/2020) saat itu talenta Richie diminati oleh pelatih akademi Bonjasky.

Saat itu menurut sang ayah, ia merestui anaknya untuk berkarier di sepak bola namun pendidikan tetap tidak ditinggalkan. Karenanya saat datang tawaran dari Sir Bobby Charlton Soccer School beberapa waktu lalu, Richie terpaksa menolaknya.

Richie sempat diminati oleh mantan akademi Marco Alonso tersebut. Namun karena Richie masih sangat belia serta tinggal dan sekolah di Belanda, tawaran tersebut pun tak diteruskan. Meski begitu, Richie tetap fokus pada sepak bola. Saat ini nama Richie tercatat menjadi bagian dari tim U-14 AFC Amsterdam.

Sebelumnya pada 2017, ia sempat berlatih di Bussemse Football Club, akademi yang menjalin kerjasama dengan Ajax Amsterdam sejak 2013.

Saat disinggung soal langkah selanjutnya di sepak bola, Richie yang dihubungi Football5star.com mengaku saat ini fokus untuk berkarier di AFC Amsterdam. Baginya bermain di klub mana saja tak jadi persoalan yang terpenting tiap tahun ia selalu ada perkembangan.

“Main di klub mana saja boleh. Walaupun saat ini saya main di klub yang bermain di kompetisi kasta ketiga tak masalah. Buat saya yang terpenting tiap tahun ada perkembangan dan bermain dengan senang. Bukan bermain bola di bawah tekanan siapapun,” ucap Richie.

Richie memang sangat serius untuk berkarier di lapangan hijau. Sadar bahwa bentuk fisiknya tak seperti pemain di Eropa, Richie pun selalu giat berlatih taekwondo dan olahraga martial lainnya. Hal itu dilakukan agar membentuk fisiknya lebih baik.

“Untuk menjaga stamina dan kondisi, saya setiap hari jogging dan 4 kali semainggu selalu ikut latihan fisik online bersama tim dari akademi,” ucap Richie.

NaturalisasiPSSIRichie RisnalTimnas Indonesia