Jalan Tak Biasa Paderborn dari Kasta Ketiga sampai Bundesliga

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi Bundesliga musim depan sudah menemukan dua klub promosi, yaitu FC Koeln dan Paderborn. Nama terakhir punya cerita menarik untuk kembali ke kasta tertinggi sepak bola Jerman ini.

Tentu ini bukan pertama kali bagi Paderborn mentas di Bundesliga. Tahun 2014 lalu mereka juga pernah merasakan panasnya kompetisi ini. Hanya bermodal pemain seadanya ketika itu mereka pun langsung degradasi lagi semusim berikutnya.

Di sini lah cerita tak biasa diukir klub yang memiliki warna kebesaran Biru-Hitam itu. bayangkan saja, mereka hanya butuh empat tahun untuk kembali ke Bundesliga setelah sempat terperangkap di Regionalliga.

Setelah degradasi ke 2 Bundesliga pada 2015 performa mereka belum juga membaik. Alih-alih berbenah, klub yang pernah diperkuat Roger Schmidt justru makin terpuruk dengan terdegradasi lagi ke 3 Liga, atau kompetisi kasta ketiga Liga Jerman.

Tapi lagi-lagi masalah belum mau menjauh dari Paderborn. Masalah yang ada di tubuh manajemen membuat klub yang belum pernah merengkuh gelar apa pun ini harus turun kasta lagi ke Regionalliga, setara kompetisi semi profesional Jerman pada 2017 lalu.

Walau begitu klub yang bermarkas di Benteler-Arena masih bisa bernafas lega. Mereka batal terjerumus ke kompetisi semi profesional karena perannya digantikan oleh klub sekota Bayern Munich, TSV 1860 Munich, yang tidak punya lisensi bermain di 3 Liga saat itu.

Mendadak bertahan di kasta ketiga Jerman membuat Paderborn cepat bangkit. Anak asuh Steffen Baumgart langsung promosi ke 2 Bundesliga musim lalu. Jalan panjang mereka akhirnya mencapai puncaknya musim ini dengan menempati peringkat kedua kasta kedua Jerman itu dan memastikan diri promosi ke Bundesliga musim depan.

Comments
Loading...