Javier Mascherano Ungkap Momen Terpahitnya di Timnas Argentina

Football5Star.com, Indonesia – Selalu ada kenangan manit dan pahit dalam sebuah perjalanan. Itu pula yang dirasakan Javier Mascherano selama 15 tahun membela timnas Argentina. Secara khusus, dia mengungkapkan, momen terpahitnya adalah kekalahan di tiga final pada 2014 hingga 2016.

Pil pahit memang harus ditelan Javier Mascherano dan timnas Argentina dalam tiga final secara beruntun. Sudah begitu, kekalahan yang diderita pun sangat tragis. Pada final Piala Dunia 2014, La Albiceleste takluk 0-1 dari timnas Jerman oleh gol pada perpanjangan waktu. Lalu, pada Copa America 2015 dan 2016, mereka kalah adu penalti dari timnas Cile.

Bagi Mascherano, kekalahan-kekalahan itu terasa tak adil. “Ada hasrat untuk meraih seatu, tapi tak terwujud. Kami telah berusaha dengan cara terbaik, tapi tak jadi juara,” ucap dia seperti dikutip Football5Star.com dari Infobae.

Javier Mascherano yakin timnas Argentina akan bernasib berbeda bila juara Copa America Centenario 2016.
beinsports.com

Pemain yang kini membela Estudiantes itu mengungkapkan, “Sejak 2011, kami telah melakukan berbagai rekonstruksi di timnas Argentina. Hingga 2016, lima tahun kami memiliki tim dengan kekuatan luar biasa, tapi tak dapat juara.”

Secara khusus, Mascherano yang kini berumur 35 tahun menunjuk kegagalan di Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat sebagai hal yang paling disesalkan. Dia yakin, nasib timnas Argentina akan berbeda andai saja saat itu mampu menaklukkan Cile pada laga final.

“Andai kami juara di Amerika Serikat, segalanya akan berbeda dalam semua aspek. Pelatih (Gerardo Martino) tak akan pergi. Dia bahkan akan mendapatkan lebih banyak dukungan untuk melakukan perubahan,” ujar Mascherano lagi.

Setelah kepergian Gerardo Martino, Javier Mascherano merasakan perubahan di timnas Argentina. Dia merasakan atmosfer berbeda saat La Albiceleste berkiprah di Piala Dunia 2018. Hasilnya, mereka tersisih pada babak 16-besar. Lalu, pada Copa America 2019, mereka juga tersisih pada semifinal.