Jejak Islam Striker Muda Timnas Thailand, Supachai Jaided

Football5Star.com – Striker Timnas Thailand, Supachai Jaided, memiliki rekam jejak soal geografis yang melatari kepercayaannya memeluk agama Islam. Dia jadi salah satu pemain Thailand yang beragama Islam dan turut merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Supachai lahir di Pattani, Thailand. Sebuah provinsi yang berbatasan dengan Malaysia. Tempat ini adalah salah satu dari empat provinsi di Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Provinsi lainnya, yakni Yala, Narathiwat, dan Satun.

Dalam sensus 2014, disebutkan bahwa sekitar 88 persen masyarakatnya beragama Islam. Kehadiran muslim yang kuat di Pattani disebabkan oleh orang-orang keturunan Melayu. Terlebih, sebagian besar penduduknya mampu berbicara bahasa Melayu, meski sebagian besarnya jua bisa berbahasa Thailand.

Makanya tak heran, saat Hari Raya Idul Fitri kemarin, Supachai dengan fasihnya mengucapkan selamat. “SELAMAT HARI RAYA AIDILFITRI,” tulis Supachai.

Beberapa kali, Supachai Jaided juga melakukan selebrasi sujud syukur saat berhasil mencetak gol. Salah satunya yang disorot saat dia berhasil mencetak satu gol Thailand saat menang 3-0 melawan Singapura di Piala AFF 2018 lalu.

Selain Supachai, beberapa pemain Thailand lainnya jua beragama Islam. Mulai dari Supachok Sarachat, Sittichok Paso, Nurul Sriyankem, Adul Lahso, Abdulhafiz Bueraheng, hingga Adisak Ganu.