Jejak Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala AFC U-23

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-23 Indonesia akan memulai petualangannya di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 mulai Jumat (22/3/2019). Garuda Muda akan menantang Thailand di My Dình National Stadium, Hanoi, Vietnam.

Kedua tim tergabung di Grup K. Grup ini juga dihuni tuan rumah Vietnam dan Brunei. Untuk memastikan lolos ke putaran final, timnas U-23 Indonesia harus menjadi juara grup.

Berdasarkan ketentuan AFC, juara dari 11 grup dipastikan lolos ke putaran final. Sisanya, empat tiket diberikan kepada empat runner-up grup terbaik.

Akan tetapi, karena Thailand akan menjadi tuan rumah pada putaran final Piala AFC U-23, maka tugas pasukan Indra Sjafri lebih ringan. Finis sebagai runner-up sudah bisa membawa mereka berpartisipasi di putaran final. Itu dengan catatan Thailand menjadi yang terbaik di Grup K.

Osvaldo Haay - Timnas Indonesia U-23 - @PSSI 2

Sebelumnya, timnas U-23 juga sudah pernah mengikuti kualifikasi Piala AFC U-23 pada 2013 dan 2016. Akan tetapi, Garuda Muda gagal lolos ke putaran final.

Pada 2013, timnas U-23 kalah bersaing dengan Jepang dan Australia di Grup E. Hendra Bayauw dan kawan-kawan hanya finis di peringkat ketiga dengan koleksi sembilan poin dari lima pertandingan.

Tiga tahun berselang, timnas U-23 sebenarnya punya peluang besar untuk lolos karena menjadi tuan rumah. Namun, Evan Dimas dan kawan-kawan hanya finis sebagai runner-up di belakang Korea Selatan.

Timnas U-23 juga gagal terpilih menjadi salah satu runner-up terbaik. Mereka kalah selisih gol dari Thailand, Iran, Vietnam, Yemen dan Uzbekistan.

Comments
Loading...