Jejak Wander Luiz Sebelum Positif Terpapar Virus Corona

Football5star.com, Indonesia – Striker Persib Bandung, Wander Luiz jadi pemain pertama di Indonesia yang positif terpapar virus corona.

“Hello bobotoh. So i got my corona test back and it is positive. But i feel fine, no symptoms. I am also following the guidelines, i have isolated myself and so I hope that every will be ok,” tulis Wander Luiz, Jumat (28/3).

Sebelumnya pihak klub mengatakan bahwa kondisi pemainnya yang terpapar virus corona berada di kondisi baik. Pada awal pengumumannya pihak klub tak menyebutkan siapa pemain Persib yang terpapar virus corona.

Desakan sempat disampaikan sejumlah pihak kepada Persib untuk memberitahu siapa pemain yang positif virus corona. Hal ini agar memudahkan tracking penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Sebelum positif mengidap virus corona, Wander Luiz diketahui sempat berlibur ke Bali pada pertengahan Maret, tak lama setelah Persib meliburkan para pemainnya.

Pihak Persib sendiri melalui dokter tim, Rafi Ghani tidak bisa memastikan apakah pemain asal Brasil tersebut terpapar virus corona saat berkunjung ke Bali.

Ia juga menambahkan bahwa sebelum Wander Luiz terbang ke Bali, pihak Persib di awal Maret sudah mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyebaran virus ini di skuat Maung Bandung. Salah satu pencegahan ialah social distancing seperti instruksi dari pemerintah.

“Saya bersyukur para pemain lain yang dekat dengan Wander Luiz seperti Fabiano tidak terpapar. Saya berkeyakinan tidak ada lagi yang terinfeksi karena social distancing itu kami lakukan sejak Maret,” Rafi Ghani seperti dikutip dari cnnindonesia.

Skuat Persib sendiri pada 17 Maret melakukan tes corona. Pada tes ini skuat Persib yang melakukan tes dinyatakan negatif terpapar virus corona. Di tanggal yang sama, Wander Luiz berangkat ke Bali.

“Setelah tes pertama itu seharusnya semua pemain tetap di Bandung. Cuma mungkin waktu itu orang tuanya [Luiz] berada di Bali. Ada juga yang pulang ke Belanda.” ucap Rafi Ghani.

Berikut kronologi Wander Luiz terpapar virus corona yang dirangkum dari berbagai sumber:

15 Maret 2020: Persib vs PSS Sleman di Stadion Jalak Harupat. Sebelum laga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyarankan agar laga ini berlangsung tanpa penonton.

“Salah satu yang kami rekomendasi dan kami akan rapatkan dengan kepolisian. Belum bisa jawab sekarang, tapi kalau boleh menyarankan, potensi besar seperti itu dihindari,” kata Ridwan Kamil saat itu.

Dari data per 15 Maret 2020 di Indonesia, jumlah pasien yang positif corona mencapai angka 172 dengan sembilan kasus meninggal, satu kasus meninggal ialah pasien positif corona dari Cianjur, Jawa Barat.

17 Maret 2020: Persib melangsungkan tes corona pertama. 10 pemain yang melakukan tes dinyatakan negatif corona, mereka adalah Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Geoffrey Castillion, Febri Hariyadi, Henhen Herdiana, Erwin Ramdani, Dedi Kusnandar, Kim Jeffrey Kurniawan, Zalnando, dan Abdul Azis.

17-18 Maret 2020: Wander Luiz di akun Instagram pribadinya membagikan foto saat liburan bersama sang ayah di Bali.

19 Maret 2020: Persib mengadakan latihan tertutup.

22 Maret 2020: Persib lakoni laga uji coba melawan Bandung United di Inspire Arena. Wander Luiz tampil dan mencetak satu gol.

24 Maret 2020: Persib meliburkan seluruh skuat Persib.

26 Maret 2020: Persib melakukan tes corona kedua di Graha Persib. Pemain yang melakukan tes ialah Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz.

27 Maret 2020: Wander Luiz positif virus corona.

Liga 1 2020Persib BandungVirus CoronaWander Luiz