Jelang Arsenal vs Chelsea, Siapa yang Paling Sial di Stadion Wembley?

Football5star.com, Indonesia – Partai final Piala FA antara Arsenal vs Chelsea di Stadion Wembley, Sabtu (1/8/2020) diprediksi akan menyajikan pertarungan seru di setiap lini. Pemain kedua tim dipastikan akan memberikan penampilan terbaik mereka demi meraih gelar kompetisi tertua di dunia ini.

Di antara finalis Piala FA musim ini, siapa yang memiliki statistik kemenangan terbaik di Stadion Wembley?

Stadion Wembley adalah salah satu stadion terbesar di Inggris. Stadion ini sudah dibangun sejak 1923. Pada awalnya stadion ini dibangun dengan biaya sebesar 750 ribu poundsterling. Pada 2007 saat Wembley direnovasi, biaya yang harus dikeluarkan mencapai angka 798 poundsterling.

Sejak pertama dibuka pada 1923, Wembley menjadi tempat laga final Piala FA 1923 yang mempertemukan Bolton Wanderers vs West Ham. Bolton sukses menjadi tim pertama yang meraih gelar Piala FA di Wembley.

Empat tahun kemudian tepatnya di final Piala FA 1927, Arsenal memainkan laga final Piala FA melawan tim asal Wales, Cardiff. Arsenal kalah 0-1 dan menobatkan Cardiff tersebut jadi tim pertama non Inggris yang memenangkan gelar Piala FA.

Statistik Arsenal di Stadion Wembley

Dua tahun setelah kekalahan Arsenal di partai final Piala FA 1927, tim Meriam London itu kembali bermain di Wembley. Melawan Huddersfield Town di final Piala FA 1929-30, Arsenal sukses meraih gelar pertama Piala FA di Wembley dengan menang 2-0.

Di musim berikutnya, meski kembali lolos ke partai final, Arsenal kalah 1-2 dari Newcastle United. Baru pada musim 1935-36, kembali meraih gelar Piala FA di Wembley dengan menang 1-0 atas Sheffield United di partai final.

getty images

Secara keseluruhan, Arsenal telah bermain sebanyak 17 kali di Wembley untuk partai final Piala FA. Dari 17 kali bermain di Wembley, Arsenal meraih 10 kemenangan dan 7 kekalahan.

Dari 10 kemenangan tersebut, satu diantaranya ialah kemenangan Arsenal atas Chelsea di final Piala FA 2016-17. Saat itu tim Merima London sukses mengalahkan The Blues dengan skor 2-1. Arsenal juga mencatatkan kemenangan terbesar di Wembley dengan skor 4-0 saat melawan Aston Villa di final Piala FA 2014-15.

Statistik Chelsea di Stadion Wembley

Sedangkan bagi The Blues, mereka baru merasakan bermain di Wembley pada partai final Piala FA pada musim 1966-67. Sayang saat itu, Chelsea kalah 0-1 dari Tottenham Hostpur. Satu tahun kemudian, Chelsea kembali bermain di Wembley melawan Leeds United.

Namun di laga ini, kedua tim harus bermain imbang 2-2 dan di partai ulangan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, The Blues sukses meraih kemenangan 2-1 atas Leeds United.

getty images

Setelah melawan Leeds di leg pertama Piala FA 1969-170, Chelsea harus menunggu 23 tahun untuk bisa kembali bermain di Wembley. Di final Piala FA 1993-94, Chelsea meriah gelar pertama Piala FA di Wembley. Menghadapi Luton, mereka menang 2-0 lewat brace Gavin Peacock.

Semusim kemudian, mereka kembali ke final Piala FA namun kalah 0-4 dari Manchester United di Wembley. Pada 2000, Chelsea jadi tim terakhir yang memenangkan Piala FA di Wembely lama. The Blues mengalahkan Aston Villa dengan skor 1-0.

Chelsea telah memainkan 15 laga di Piala FA yang berlangsung di Stadion Wembley. Dari 16 laga, The Blues memenangkan 11 laga, 1 imbang, dan 4 kalah. Satu kekalahan The Blues di Wembley dalam partai final Piala FA ialah melawan Arsenal pada musim 2014-15.

ArsenalChelseaPiala FAStadion Wembley