Jelang El Derbi Madrileno: 5 Fakta Menarik Atletico Madrid Musim Ini

Football5Star.com, Indonesia – Akhir pekan ini ada cukup banyak big match di liga-liga elite Eropa. Salah satunya Atletico Madrid vs Real Madrid di Liga Spanyol. Laga El Derbi Madrileno itu akan berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (7/3/2021).

Jelang laga El Derbi Madrileno itu, sangat menarik mengupas kiprah Atletico musim ini. Setidaknya ada 5 catatan penting yang mungkin akan berpengaruh besar saat menghadapi Real Madrid nanti. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik Los Colchoneros sepanjang musim 2020-21.

Atletico Puncaki Klasemen Sejak Jornada ke-9

Atletico Madrid memuncaki klasemen Liga Spanyol musim ini sejak jornada ke-9.
football.london

Pada laga El Derbi Madrileno kali ini, Atletico Madrid menyandang status pemuncak klasemen Liga Spanyol. Ini sesuatu yang sangat langka. Bahkan saat juara pada 2013-14, Los Colchoneros tak berada di posisi pertama saat dua kali menghadapi Los Blancos.

Musim ini, Atletico sudah menguasai klasemen sejak jornada ke-9. Mereka naik ke puncak klasemen berkat kemenangan 4-0 atas Cadiz. Menariknya, Los Colchoneros menggeser Real Madrid yang kalah 1-4 dari Valencia. Sejak itu, tim asuhan Diego Simeone tak tergoyahkan di singgasana hingga saat ini.

Tuah Gol Suarez untuk Atletico

Los Colchoneros tak kalah bila Luis Suarez mencetak gol.
football-espana.net

Kedatangan Luis Suarez dari Barcelona pada awal musim ini jadi berkah tersendiri bagi Atletico Madrid. Striker asal Uruguay itu jadi andalan baru dalam menjebol gawang lawan. Hingga saat ini, dia sudah mengemas 16 gol dalam 21 laga yang dilakoninya bersama Los Colchoneros di Liga Spanyol.

Gol-gol Suarez pun bertuah. Atletico tak pernah kalah bila eks striker Liverpool dan Ajax itu mencetak gol. Bahkan, dari 11 laga yang berhias gol Suarez, Los Colchoneros hanya 1 kali imbang. Itu dialami saat imbang 2-2 dengan Celta Vigo pada jornada ke-22.

Satu hal yang menarik, Suarez mandul setelah mencetak brace ke gawang Celta dan berbuah hasil imbang tersebut. Dalam lima laga beruntun, empat di antaranya di LaLiga, dia selalu gagal menjebol gawang lawan. Itu membuat posisinya sebagai pemain tersubur LaLiga pun tergeser oleh Lionel Messi yang kini sudah mengemas 19 gol.

Atletico Kalah Hanya Saat Tak Cetak Gol

Atletico Madrid kalah saat gagal mencetak gol ke gawang Chelsea pada leg I babak 16 besar Liga Champions.
si.com

Musim ini, Atletico Madrid tercatat baru mengalami 5 kekalahan. Rinciannya, mereka dua kali kalah di Liga Champions, 2 kali di Liga Spanyol, dan 1 kali di Copa del Rey. Di LaLiga, Los Colchoneros adalah tim dengan jumlah kekalahan tersedikit pada saat ini.

Dalam 5 kekalahan yang sudah dialami Atletico, ada satu fakta menarik. Jan Oblak cs. hanya kalah saat gagal mencetak gol. Mereka takluk 0-4 dari Bayern Munich, 0-2 dari Real Madrid dan Levante, lalu 0-1 dari Cornella dan Chelsea. Itu 62,5% dari seluruh laga mereka yang tak berhias gol pada musim ini.

Tangan Jan Oblak Mulai Licin

Jan Oblak hanya membuat 2 clean sheet dari 10 laga sepanjang 2021.
rtvslo.si

Kesuksesan Atletico Madrid dalam satu dekade terakhir tak terlepas dari peran kiper Jan Oblak. Pada November 2020, dia membukukan rekor fantastis dengan tak kebobolan dalam 112 laga dari 200 laga yang dilakoni di Liga Spanyol bersama Atletico.

Musim ini, Oblak masih memimpin dalam koleksi clean sheet. Hingga jornada ke-25, dia sudah 12 kali tak kebobolan. Namun, seiring pergantian tahun, tangannya mulai licin. Buktinya, kiper asal Slovenia itu hanya 2 kali clean sheet dari 10 laga yang dilakoni Los Colchoneros. Sebelumnya, dia tak kebobolan dalam 10 dari 14 laga.

Tiga Laga Kandang Tanpa Menang

Atletico Madrid kalah 0-2 dari Levante dalam 3 laga kandang terakhir yang gagal dimenangi.
Getty Images

Atletico Madrid punya rekor kandang apik sepanjang musim ini. Tim asuhan Diego Simeone meraup 10 kemenangan, 4 kali imbang, dan 2 kekalahan dalam 16 laga kandang yang telah dilakoni di semua ajang musim ini.

Satu hal yang jadi catatan jelang laga El Derbi Madrileno menjamu Real Madrid, Los Colchoneros tak memenangi 3 laga kandang terakhir. Mereka ditahan 2-2 oleh Celta Vigo, lalu kalah 0-2 dari Levante dan takluk 0-1 dari Chelsea. Andai kembali gagal menang saat melawan Madrid, mereka akan menyamai 4 laga kandang tanpa kemenangan pada September hingga Oktober 2019.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More