Jelang Lawan Bayern, Lisensi Kepelatihan Klinsmann Bermasalah

Football5Star.com, Indonesia – Hertha Berlin kemungkinan tak didampingi pelatih Juergen Klinsmann saat menghadapi Bayern Munich, akhir pekan nanti. Pasalnya, pelatih berumur 55 tahun itu dinyatakan tak memiliki lisensi kepelatihan yang valid.

Berdasarkan laporan Bild, Juergen Klinsmann dan Hertha Berlin diminta DFB memberikan dokumen sah yang membuktikan validitas lisensi kepelatihannya. Mereka diberi tenggat hingga jelang pertandingan melawan Bayern Munich, Minggu (19/1/2020).

Hal yang menyulitkan Klinsmann, semua dokumen yang diperlukan itu berada di rumahnya di California, Amerika Serikat. Sulitnya lagi, tak ada orang di rumahnya saat ini karena sang sitri tengah berada di tempat anak perempuan mereka.

Juergen Klinsmann diharuskan DFB memberikan bukti-bukti validitas lisensi kepelatihannya sebelum laga Hertha Berlin vs Bayern Munich.
welt.de

“Ketika terbang menuju Berlin pada akhir November, saya tak berpikir perlu membawa lisensi kepelatihan dan bukti-bukti pendidikan lain. Soalnya, saat itu, saya tak tahu akan jadi pelatih Hertha,” kata Juergen Klinsmann seperti dikutip Football5Star.com dari Bild.

Kapten timnas Jerman saat juara Piala Eropa 1996 itu lebih lanjut mengungkapkan, “Saat Natal, saya benar-benar lupa akan dokumen-dokumen itu. Saat ini, tak ada orang di rumah saya di California karena istri saya berada di tempat studi anak perempuan kami. Namun, saya tengah berusaha menghadirkan semua dokumen yang dibutuhkan.”

Juergen Klinsmann mendapatkan lisensi kepelatihan pada 2000 dalam kursus khusus yang digelar DFB bagi para eks pemain timnas Jerman. Berkat lisensi itu pula, dia lantas menangani Die Mannschaft, Bayern Munich, dan timnas Amerika Serikat.

Hal yang kini jadi masalah, Juergen Klinsmann harus mampu menunjukkan bukti-bukti pelatihan berikutnya. Pasalnya, lisensi itu harus diperpanjang setiap tiga tahun. Adapun dia kali terakhir bertugas sebagai pelatih Sam’s Army pada akhir November 2016.

Andai tak dapat menyerahkan bukti-bukti yang menunjukkan lisensi kepelatihannya sah, Juergen Klinsmann dipastikan absen saat Hertha Berlin melawan Bayern Munich. Posisinya akan diambil alih sementara oleh asistennya, Alexander Nouri.