Jelang Liga 1 2020: Barito Putera Si Kuda Hitam

Football5star.com, Indonesia – Barito Putera layak dilabeli sebagai tim kuda hitam di Liga 1 2020. Pasukan Djadjang Nurdjaman itu melakukan perombakan besar-besaran di sektor pemain.

Barito sudah melepas 16 pemain dan merekrut sembilan penggawa baru. Itu termasuk tiga pemain asing, seperti Aleksandar Rakic, Danilo Sekulic, dan Yaser Islame Pinto.

Yang menarik bukan trio impor tersebut. Tapi, promosi lima pemain muda hasil binaan dari Elite Pro Academy Barito Putera U-18 dan U-20. Mereka adalah Yuswanto Aditya, Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, David Maulana, Kahar Muzakkar. Penyegaran skuat ini merupakan program jangka panjang Barito Putera.

Untuk mewujudkan misi tersebut, pelatih Djadjang Nurdjaman pun diikat kontrak selama tiga tahun untuk membangun pondasi kuat bagi masa depan klub. “Ini kali pertama buat saya dapat kontrak panjang, sebelumnya saya di Persib lima tahun, tetapi setahun-setahun kontraknya,” kata Djadjang.

Namun, Barito Putera harus kehilangan dua jagoan terbaiknya, Gavin Kwan Adsit yang hengkang ke Bali United dan Evan Dimas Darmono yang hijrah ke Persija.

Kendati kekuatan Barito Putera banyak perubahan, tapi mereka menargetkan bisa menerobos papan atas musim ini. Target ini cukup realistis. Selain penambahan pemain baru yang mumpuni, masih ada pemain lama seperti kiper Aditya Harlan, Rizki Pora, dan Bayu Pradana yang jadi roh permainan tim ini.

“Misi awal memang memperbaiki peringkat. Dari 13 di musim lalu, beranjak ke peringkat atas. Atau kalau berat, ya peringkat lima atau enam jadi target akhir yang harus bisa di raih,” kata Djanur.

“Itu target yang realistis. Karena tidak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Semua tim, meski start dan pola perekrutan pemainnya jauh berbeda, tetap berpeluang menjadi yang terbaik. Tetap punya kesempatan mengguncang dan mengubah peta kekuatan,” ia menambahkan.

PELATIH: DJADJANG NURDJAMAN
Djanur Persib Persebaya

Djadjang Nurdjaman merapat ke Barito pada pertengahan musim lalu setelah berpisah dengan Persebaya Surabaya. Ironisnya, mantan arsitek Persib ini bergabung saat Barito Putera sulit bangkit dari papan bawah klasemen.

Berkat kesabaran, pengalaman, dan ilmu yang dimilikinya, pelan-pelan Djanur mampu mengangkat permainan Rizki Pora dan kawan-kawan. Djanur hanya diberi beban membebaskan Barito Putera dari jurang degradasi.

Djanur sukses menyelamatkan klub kebanggaan publik Banjarmasin dan Kalsel ini.Sebagai apresiasi, manajemen pun mengikat Djanur dengan kontrak jangka panjang selama tiga tahun.

PEMAIN KUNCI: ALEKSANDAR RAKIC
Aleksandar Rakic - Barito Putera - @rakic_a.9
instagram.com/rakic_a.9

Sebelum ke Barito, Rakic sukses mencuri perhatian karena menjadi top skor di Liga 1 2018. Bersama PS Tira, dia mampu membukukan 21 gol. Namun sayang, prestasinya memudar ketika berseragam Madura United di Liga 1 2019. Tahun lalu dia hanya bisa menciptakan 12 gol dari 29 pertandingan.

Kini Rakic memiliki harapan besar di Barito Putera. Pemain berusia 33 tahun itu yakin bisa menyumbang banyak gol untuk Laskar Antasari.

“Target saya ke sini adalah membuat tim ini lebih kuat dan lebih kompak lagi. Saya ingin mencetak banyak gol seperti yang saya lakukan bersama PS Tira. Semoga Barito bisa berprestasi,” kata Rakic dilansir laman resmi klub.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Aleksandar Rakic, Yashir Armando Pinto Islame, Gustavo Marmentini, Ilham Udin, O.K John, Reva Adi Utama, Yuswanto Setya Beny, Kurniawan Karman, dan Ambrizal Umanailo

TRANSFER KELUAR: Rafael Silva, Paulo Sitanggang, Kosuke Uchida, Samsul Arif, Sackie Teah Doe, Andri Ibo, Donni Monim, Rony Beroperay, Rajiv Abizal, Ady Setiawan, Yakob Sayuri, Affandi Yusuf, Gavin Kwan Adsit, Evan Dimas, Francisco Torres.

SKUAT LENGKAP

Kiper: Aditya Harlan, M. Riyandi, Yoeswanto Setya Beni

Belakang: Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Claudio de Jesus, OK Jhon, Reva Adi Utama, Rafi Syahrahil, Ferdiansyah, Bagas Kaffa, Sendy Abela Tachinardi

Tengah: Rizki Pora, Yuswanto Aditya, Bagus Kahfi, David Maulana, Bayu Pradana, M. Firly, Kurniawan Karman, Delvin Rumbino, Amrizal Umanailo, Ilhamudin Armayn, Danilo Sekulic.

Depan: Alexandar Rakic, Yaser Islame Pinto, Bagus Kahfi, Kahar Muzakkar

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Formasi: 4-4-2
Aditya Harlan
Dandi Maulana, Claudio de Jesus, OK Jhon, Bagas Kaffa
Rizki Pora, Danilo Sekulic, Bayu Pradana, Ilhamudin Armayn
Alexandar Rakic, Yaser Islame Pinto