Jelang Liga 1 2020: Boaz Solossa Bukan Bomber Lokal Terbuas

Football5Star.com, Indonesia – Boaz Solossa adalah legenda. Itu adalah fakta. Bisa dikatakan, hingga saat ini, belum ada pemain asli Indonesia yang menyamai ketajamannya. Selama berpuluh tahun mengarungi pentas tertinggi sepak bola Indonesia, naluri mencetak golnya tetap terjaga.

Musim lalu, Boaz Solossa masih jadi andalan Persipura Jayapura. Memang benar, sepanjang musim, dia hanya mencetak 9 gol. Namun, jumlah itu masih menempatkan dirinya sebagai pemain tersubur kedua. Koleksinya hanya kalah dari Titus Bonai yang mengemas 13 gol.

Sepanjang berkiprah di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia, tak kurang dari 180 gol telah dibuat adik Ortizan Solossa itu. Tiga kali dia merebut gelar pemain tersubur Liga Indonesia, yakni pada 2008-09, 2010-11, dan 2013.

Akan tetapi, bicara soal pemain tersubur sejak era Liga 1 yang dimulai pada 2017, Boaz Solossa ternyata bukanlah pemain lokal terbuas. Dalam tiga musim, kapten Persipura Jayapura tersebut mencetak 30 gol. Itu hanya menempatkan dia di posisi ke-4.

Di atas pemain yang akan berulang tahun ke-34 pada 16 Maret 2020 itu ada tiga pemain yang lebih subur. Mereka adalah Ferdinand Sinaga dengan 31 gol, Lerby Eliandy (34 gol), dan Samsul Arif (35 gol).

Tantangan Lerby Eliandry

Memasuki Liga 1 2020, persaingan para striker asli Indonesia jadi sesuatu yang menarik untuk diikuti. Meskipun saat ini tercatat sebagai pemain lokal tersubur, Samsul Arif akan menghadapi tantangan berat. Musim lalu, ketajamannya menurun drastis. Hanya 5 gol yang dicetaknya bagi Barito Putera. Padahal, musim sebelumnya, dia sanggup mencetak 14 gol.

Lerby Eliandry berpeluang menggeser Samsul Arif sebagai pemain lokal tersubur di Liga 1.
baliutd.com

Menilik catatan gol dalam dua musim terakhir, Boaz Solossa ternyata masih harus diperhitungkan. Bersama Titus Bonai, dia menjadi yang tersubur dengan 20 gol. Mereka unggul satu gol atas Samsul Arif dan Ferdinand Sinaga.

Sebagai pemain lokal tersubur musim lalu, kiprah Titus Bonai akan sangat menarik untuk diikuti. Apalagi, torehan golnya naik dibanding musim sebelumnya. Akankah dia lebih tajam bersama klub barunya, Borneo FC? Bukan apa-apa, untuk menyamai koleksi Samsul Arif, dia butuh 11 gol.

Pertanyaan yang sama berlaku bagi Lerby Eliandry. Meskipun hanya terpaut satu gol dari Samsul Arif, dia menghadapi tantangan berat pada Liga 1 2020. Bergabung dengan Bali United, dia jelas bukan penyerang utama. Sebagai pelapis pun, dia harus bersaing ketat dengan M. Rahmat yang diboyong dari PSM Makassar.

Menanti Gebrakan Osvaldo Haay

Lalu, bagaimana dengan talenta muda? Berdasarkan data selama tiga musim, ada dua nama yang lumayan menarik dan punya kans mengejar Samsul Arif sebagai pemain lokal tersubur. Mereka adalah Dedik Setiawan dan Osvaldo Haay.

Osvaldo Haay sulit menggantikan posisi Boaz Solossa
tagar.id

Dedik Setiawan yang saat ini berumur 25 tahun telah mengemas 23 gol. Dia mengemas 6 gol pada 2017, 10 gol pada 2018, dan 7 gol pada musim lalu. Semuanya bersama Arema FC. Masalahnya kemudian, dia harus absen pada bulan-bulan awal karena masih berkutat dengan pemulihan cedera lutut yang didapatkan musim lalu.

Tak ayal, harapan tertumpak ke pundak Osvaldo Haay. Koleksi winger berumur 21 tahun itu hanya terpaut satu gol dari Dedik Setiawan. Dia menorehkan 6 gol pada 2017, 10 gol pada 2018, dan 6 gol pada musim lalu.

Ada dua modal penting yang dimiliki Osvaldo Haay untuk menggebrak pada Liga 1 2020. Pertama, tentu saja kesuksesan menjadi pencetak gol terbanyak SEA Games 2019 bersama striker Vietnam, Ha Duc Chinh dengan 8 gol. Ini membuktikan dirinya bisa diandalkan sebagai bomber meskipun aslinya pemain sayap.

Kedua, Osvaldo Haay kini berada di tim bertabur bintang, Persija Jakarta. Disokong para pemain yang lebih berkualitas, ketajamannya bisa terdongkrak. Jikapun ada masalah, itu adalah tugasnya yang hanya akan jadi pelayan bagi Marko Simic. Bagaimanapun, pelatih Sergio Farias akan tetap mengandalkan penyerang Kroasia itu untuk mendulang banyak gol.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More