Jelang Liga 1 2020, Hati-Hati Sengatan Madura United

Football5Star.com, Indonesia – Jelang Liga 1 2020, Madura United terbilang jadi salah satu tim yang wajib diwaspadai. Tak terlalu mencolok pada bursa transfer, mereka menyimpan daya sengat yang berbahaya buat para kompetitor.

Musim lalu, klub berjuluk Laskar Sapeh Kerab itu berhasil finis di urutan lima besar. Hal itu tentu tak terlalu sesuai ekspektasi awal lantaran banyaknya pemain bintang yang hadir, seperti Jaimerson Xavier, Alexandar Rakic, hingga Andik Vermansah.

Kini, di bawah Rahmad Darmawan, mereka membangun ulang skuatnya dengan merata. Beberapa pemain datang, salah satu yang disorot ialah Bruno Matos. Musim lalu, pemain asal Brasil itu jadi kunci bersama Bhayangkara FC dengan total mencatatkan sembilan gol dan dua assist dalam 17 kali bertanding.

Perombakan susunan pemain asing jua jadi sorotan Madura United. Mereka baru saja mendepak Zah Rahan dan Brian Ferreira dengan digantikan Bruno Matos serta Lutfulla Turaev.

“Sebenarnya menjadi keputusan yang sulit bagi kami. Tapi, kebutuhan untuk posisi gelandang bertahan lebih penting. Turaev menjadi cover yang pas untuk Zulfiandi, yang harus memulihkan cederanya sampai empat bulan ke depan,”

Kini, Madura United sudah melengkapi slot pemain asingnya. Selain Bruno dan Turaev, mereka jua sudah mengikat Jaimerson Xavier dan Emmanuel Oti Essigba.

PELATIH: RAHMAD DARMAWAN
Madura United

Kedatangan Rahmad Darmawan seakan menjadi pelengkap mimpi Madura United. Sebab, pria yang karib disapa RD itu punya pengalaman yang apik sepanjang karier kepelatihannya di Indonesia.

Betul, musim lalu dia dipecat oleh Tira-Persikabo. Tetapi, di bawahnya, tim yang bermarkas di Stadion Pakansari itu, sempat menjalani 13 laga tak terkalahkan. Badai cedera dan banyaknya pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia membuyarkan konsentrasi tim secara keseluruhan yang berandil besar dalam penurunan prestasi Tira-Persikabo.

Patut diingat, RD jua sempat membuat Sriwijaya FC menjadi kandidat juara liga pada 2018 lalu. Sekali lagi, sayangnya manajemen yang kurang sehat di kubu SFC membuat ambisinya meraih trofi gagal. Saat di Malaysia, dia jua yang menemui bakat dari Safawi Rashid bersama T-Team.

PEMAIN KUNCI: ALBERTO GONCALVES
Instagram Madura United

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Ujar-ujar itu bisa disematkan kepada Beto. Pria naturalisasi asal Brasil tersebut sebenarnya nyaris berkepala empat. Tapi, performanya belum habis juga.

Faktanya, musim lalu eks pemain Sriwijaya FC itu keluar sebagai top skorer Madura United. Dia total mencetak 18 gol dalam 27 penampilan. Catatan itu membuat Beto ada di urutan kedua daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2019.

Bahkan, bila ditotal sepanjang 2019, Beto berhasil mencetak 25 gol. Dia jua masih sanggup menjalani 3163 menit bermain. Catatan itu terbilang sangat istimewa mengingat usianya kini sudah menginjak 29 tahun.

Nah, musim depan Beto diharapkan mampu mereplikasi penampilannya musim lalu. Apalagi dia akan berduet dengan Bruno Matos untuk menjadi daya gedor Madura United.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Fachrudin Aryanto (kembali dari masa pinjaman Persija), Dodi Alex van Dijn, Risna Prahalabenta (Persik Kediri), Samuel Christianson (PSS Sleman), Alfin Tuassalamony (loan/Arema), Lutfulla Turaef (Bunyodkor Tashkent), Bruno Matos (Bhayangkara FC), Manuel Oti (-), Rivaldo Bawuo (Arema FC), Haris Tuharea (PSS)
TRANSFER KELUAR: Aleksandar Rakic (Barito Putera), Alfath Fathier (Persija Jakarta), Andik Vermansah (Bhayagkara FC), Ante Bakmaz (-), Diego Assis (-).

SKUAT LENGKAP

Kiper: 20-Muhammad Ridho, 88-Satria Tama, 27-Muhammad Ridwan, 30-Fawaid Ansory
Belakang:5-Jaimerson Xavier, 19-Fachruddin Aryanto, 21-Fandry Imbiri, 23-Kadek Raditya, 24-Dodi Alex van Dijn, 55-Risna Prahalabenta, 6-Andik Rendika Rama, 31-Samuel Christianson, (-) Alfin Tuassalamony, 22-Marckho Meraudje, 2-Guntur Ariyadi.
Tengah:(-) Lutfulla Turaev, 35-Zulfiandi, 17-Syahrian Abimanyu, 4-Asep Berlian, 70-Dhimas Bagus Pangestu, 33-Bruno Matos, 10-Slamet Nurcahyo, 19-Kevy Syahertian.
Depan: 11-Manuel Oti, 13-Rivaldi Bawuo, 7-Greg Nwokolo, 12-Haris Tuharea, 91-David Laly, 9-Beto

PRAKIRAAN TIM UTAMA

4-3-3
M Ridho
Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier, Dodi Alex van Dijn, Alfin Tuassalamony
Lutfulla Turaev, Syahfian Abimanyu, Bruno Matos
Manuel Oti, Greg Nwokolo, Beto

Jelang Liga 1 2020Liga 1 2020Madura UnitedRahmad Darmawan