Jelang Liga 1 2020: Menanti Efek Kejut Tira-Persikabo

Football5Star.com, Indonesia – Jelang Liga 1 2020, Tira-Persikabo menjadi tim yang patut diperhatikan. Meski tak terlalu mencolok pada bursa transfer, pasukan Igor Kriuschenko itu menyimpan efek kejut yang berbahaya pada musim depan.

Musim lalu dijalani oleh tim berjuluk Laskar Padjadjaran dengan campur-aduk. Mereka sempat menguasai puncak klasemen bahkan tak terkalahkan dalam 13 pertandingan bersama Rahmad Darmawan. Tetapi, perlahan demi perlahan performa mereka meluntur hingga tercecer dari perburuan gelar juara.

Ironisnya, Rahmad Darmawan didepak karena tak mampu mengulang sukses di putaran kedua. Tira-Persikabo-pun akhirnya cuma finis di urutan ke-15, satu tingkat di atas zona degradasi. Tentu, bersama Igor Nikolayevich, mereka ingin merajut ulang performa untuk musim depan.

Ancaman degradasi musim lalu sudah begitu menakutkan. Apalagi kini, beberapa pemain sukses didaratkan yang merupakan pilihan langsung sang pelatih, seperti Petteri Pennanen yang datang dari Kuopion Palloseura.

Total, setidaknya ada 14 pemain yang didatangkan oleh Laskar Padjadjaran. Selain Petteri Pennanen, mereka jua sukses mendaratkan top skorer Persela Lamongan, Alex dos Santos Goncalves.

Musim lalu, penyerang asal Brasil itu mampu berada di urutan tiga pencetak gol terbanyak dengan 17 gol. Duetnya dengan Ciro Alves di lini depan tentunya patut dinantikan.

“Mungkin untuk pemain yang ada sekarang ini saya rasa sudah cukup. Tinggal kita nanti bagaimana meningkatkan skill mereka agar potensi yang mereka punya nanti kita pacu agar bisa keluar dengan maksimal, kita juga harus menghargai usaha para pemain,” ujar Igor.

PELATIH: IGOR KRIUSCHENKO
Jelang Liga 1 2020: Menanti Efek Kejut Tira-Persikabo
Instagram OfficialPersikabo

Igor Kriuschenko didatangkan oleh Persikabo pada 7 Desember 2019. Dia cuma mendapat kesempatan tiga pertandingan di Liga 1 2019, dengan meraih satu kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan.

Berbekal juara Belarusian Premier League bersama BATE Borisov, tangani dingin pelatih berlisensi UEFA Pro itu sangat dinantikan. Sebab, musim ini jelas akan menjadi pembuktiannya dengan pemain-pemain yang datang sesuai rekomendasinya.

Terlebih, pada laga uji coba, Tira-Persikabo sempat meraih kemenangan 1-0 atas PSM Makassar berkat gol tunggal Ciro Alves. Dengan pelatih berpengalaman, efek kejut Laskar Padjadjaran tak bisa dianggap enteng.

PEMAIN KUNCI: CIRO ALVES
Jelang Liga 1 2020: Menanti Efek Kejut Tira-Persikabo
Instagram Official Persikabo

Keberhasilan manajemen tim mempertahankan Ciro Alves patut diapresiasi. Sebab, pemain asal Brasil itu menjadi komoditas panas di bursa transfer lantaran sempat dihubung-hubungkan dengan sejumlah klub besar, seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, hingga Bali United.

Terang saja, Ciro musim lalu sukses keluar sebagai top skorer Tira-Persikabo. Dia sukses mencatatkan 14 gol, dan cuma empat yang dari titik putih. Tak hanya rajin mencetak gol, eks pemain Chonburi itu jua sukses menciptakan 10 assist.

Hal itu berarti Ciro terlibat dalam 24 dari 51 gol yang diciptakan Persikabo musim lalu, alias nyaris setengahnya. Musim depan, tentu dengan pelajaran di Liga 1 2019 Ciro diprediksi akan kian menggila.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Alex Dos Santos (Persela), Artyom Filiposyan (Uzbekistan), Petteri Pennanen (Finlandia), Arthur Bonai (Badak Lampung), Kelvin Wopi (Badak Lampung), Hendra Adi Bayau (Mitra Kukar), Aditya Putra Dewa (PSIM), Silvio Escobar (Persija), Ikhwan Ciptady (PSS Sleman), Izmy Hatuwe (Persela), Gustur Cahyo (PSIS), Dwi Kuswanto (Persela), Ravi Murdianto (PSIS), Aditya Putra Dewa (PSIM)
TRANSFER KELUAR: Khurshed Beknazarov, Luoise Parfait, Loris Arnaud, Derry Herlangga, Vava Mario Yagalo, Teguh Amiruddin, Angga Saputra, Abduh Lestaluhu, Zubairou Garba

SKUAT LENGKAP

Kiper: (-)Dwi Kuswanto, 39-Syahrul Fadil, 1-Ravi Murdianto
Belakang: (-)Artyom Filiposyan, 5-Andy Setyo, (-)Ikhwan Ciptady, 72-Didik Wahyu, 20-Herwin Saputra, (-)Aditya Putra Dewa, 12-Rifad Marasabessy, (-)Kelvin Wopi.
Tengah: (-)Gustur Cahyo, 13-Manahati Lestusen, 23-Izmy Hatuwe, 21-Firmansyah, 8-Resky Ikhwan, 22-Munadi, (-)Arthur Bonai, 68-Roni Sugeng, 10-Guntur Triaji, (-)Petteri Pennanen, 21-Tanjung Sugiarto, 23-Wawan Febrianto, 77-Ciro Alves, (-)Hendra Bayauw, 7-Ahmad Noviandani.
Depan:(-)Alex dos Santos, (-)Silvio Escobar, 97-Dimas Drajad, 89-Sansan Husaeni.

PRAKIRAAN TIM UTAMA

4-3-3
Dwi Kuswanto
Artyom Filiposyan, Andi Setyo, Rifad Marasabessy, Kelvin Wopi
Manahati Lestusen, Roni Sugeng, Petteri Pennanen
Wawan Febrianto, Ciro Alves, Alex dos Santos