Jelang Liga 1 2020: Pembuktian Skuat Penuh Bintang Bhayangkara FC

Football5star.com, Indonesia – Jelang bergulirnya Liga 1 2020, Bhayangkara FC menjadi salah satu tim favorit untuk menggondol gelar juara. Predikat tersebut mereka dapatkan setelah mendaratkan banyak pemain bintang di bursa transfer.

Beberapa pemain bintang yang sudah mereka datangkan antara lain adalah Rangga Muslim, Ruben Sanadi, Achmad Jufriyanto, Saddil Ramdani, serta Andik Vermansyah. Tak hanya itu, mereka juga mendaratkan sejumlah nama pemain sekaliber Ezechiel N”Douassel serta Renan Silva.

Kehadiran sejumlah pemain bintang serta tangan dingin Paul Munster membuat Bhayangkara FC mendapatkan julukan Los Galacticos. Namun, mereka sendiri menolak label Los Galacticos yang disematkan.

“Tidak benar juga kami disebut tim bintang. Persebaya juga bagus, ada Konate. Kita cari pemain berkualitas dan sesuai kebutuhan tim,” bilang manajer baru Bhayangkara, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan.

Lebih lanjut, Yogi juga berharap kalau skuat penuh bintang milik Bhayangkara FC akan membuat kompetisi musim depan berjalan dengan menarik. “Tentu semua tim ingin menang dan juara. Kami ingin membuat kompetisi lebih kompetitif dengan pemain-pemain yang kami miliki.” 

Satu pemain bintang Bhayangkara FC yang menjadi perhatian para pecinta sepak bola ialah Saddil Ramdani. Pasalnya, Saddil sempat dikaitkan dengan sejumlah klub-klub besar seperti Persija Jakarta, PSM Makassar serta Persebaya Surabaya sebelum resmi menjadi milik The Guardians.

“Pertama, saya sampaikan bukan pemain bintang. Saya ini sama dengan pemain lain biasa. Semua biasa. Maka dari itu, saya di sini karena teman-teman sudah kenal semua dan kerjas sama, punya persaudaran yang sangat bagus,” ungkap Saddil kepada wartawan.

“Mungkin dari kami pemain apapun target yang disampaikan manajemen. Kami sebagai pemain hanya ingin bekerja bagaimana semaksimal mungkin. Saya rasa semua pemain sangat fokus,” katanya menambahkan.

Kini, dengan sokongan maksimal dari manajemen, pemain anyar serta dukungan dari Kapolri, Bhayangkara FC mulai berani bermimpi untuk bisa meraih gelar Liga 1 keduanya.

PELATIH: PAUL MUNSTER
instagram.com/bhayangkarafc

Paul Munster memang masih berusia 38 tahun. Namun, kebolehan pria asal Irlandia Utara itu dalam meramu taktik sudah tak perlu lagi diragukan.

Munster mengawali karier kepelatihannya di Swedia bersama Assyriska BK pada tahun 2012 lalu. Setelah itu, ia sempat mengasuh beberapa klub Swedia seperti Orebro Syrianska dan BK Forward.

Selepas Swedia, Munster sempat meniti karier di India bersama Minerva Punjab dan timnas Vanuatu. Ia memutuskan untuk datang ke Indonesia dan melatih Bhayangkara FC pada pertengahan tahun 2019 lalu.

Di bawah asuhannya, Munster berhasil menyulap permainan Bhayangkara FC. Bersama Munster, The Guardians berhasil finis di urutan empat klasemen Liga 1 setelah sempat inkonsisten di pertengahan musim.

Dengan modal penampilan yang cukup baik serta skuat bertabur bintang, rasanya wajar jika Munster dibebani target untuk membawa Achmad Jufriyanto cs menjadi juara Liga 1 2020.

PEMAIN KUNCI: EZECHIEL N’DOUASSEL
instagram.com/bhayangkarafc

Ezechiel N’Douassel bukanlah sosok yang asing di dunia sepak bola Indonesia. Pemain asal Chad itu sempat menjadi mesin gol andalan Persib Bandung dari musim 2017 hingga 2019.

Selama dua tahun bermain di Persib, ia berhasil mencetak 40 gol dan 20 assist dari 69 pertandingan. Musim lalu, Ezechiel yang dihujani kritik dari para pendukung Persib masih mampu mencetak 15 gol di ajang Liga 1.

Catatan tersebut membuat Ezechiel diharapkan akan bisa menjadi mesin gol untuk Bhayangkara FC di ajang Liga 1 2020. Terlebih, bersama The Guardians ia akan disokong pemain-pemain kreatif seperti Andik Vermansyah, Saddil Ramdani serta Renan Silva.

TRANSFER MUSIM INI

Transfer Masuk: Renan Silva (Borneo FC), Guy Herve (Tanpa Klub), Lee Woon-jae (Swat Cat), Ezechiel N’Douassel, Achmad Jufriyanto (Persib Bandung), Andik Vermansyah (Madura United), Ruben Sanadi (Persebaya Surabaya), Rangga Muslim (PSS Sleman), Saddil Ramdani (Pahang FA), Ahmad Nur Hardianto (Arema FC)

Transfer Keluar: Bruno Matos (Madura United), Anderson Salles (Tanpa Klub), Reksa Maulana, Arif Setiawan (Persik Kediri), Hedipo Gustavo (Becamex Binh Duong), Nur Iskandar (Semen Padang), Bagas Adi (Arema FC), Ilham Udin (Barito Putera)

SKUAT LENGKAP

Penjaga Gawang: 1-Wahyu Tri Nugroho, 12-Awan Setho Raharjo, 38-Indra Adi Nugraha, 77-Panggih Prio Sembodho,

Belakang: 2-I Putu Gede Juni Antara, 5-Muhammad Fatchu Rochman, 14-Ruben Karel Sanadi, 15-Lee Won-Jae, 16-Achmad Jufriyanto, 27-Indra Kahfi Ardhiyasa, 28-Alsan Putra Mas’at Sanda, 32-Nurhidayat Haji Haris, 37-Jajang Mulyana

Tengah: 8-Muhammad Hargianto, 13-Rangga Muslim Perkasa, 17-Hamsa Lestaluhu, 18-Adam Alis Setyano, 19-Teuku Muhammad Ichsan, 20-Sani Rizki Fauzi, 23-Wahyu Subo Seto, 29-Saddil Ramdani, 70-Renan Da Silva, 71-Nady Bi Bola Guy-Herve, 89-Lee Yu-Jun, 91-Ichwan Tuharea, 95-Sedek Tuakia

Depan: 7-Andik Vermansah, 10-Ezechiel Ndouasel, 11-Ahmad Nur Hardianto, 22-Dendy Sulistyawan, 25-Serdy Ephyfano, 99-Herman Dzumafo Epandi

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Awan Setho
Ruben Sanadi, Indra Kahfi, Lee Won-jae
Lee Yu-jun, Renan Silva, TM Ichsan
Saddil Ramdani, Ezechiel Ndouassel, Andik Vermansyah

Bhayangkara FCJelang Liga 1 2020Liga 1Liga 1 2020