Jelang Liga 1 2020: Persela Tetap Berstatus Kuda Hitam

Football5Star.com, Indonesia – Status sebagai tim kuda hitam sepertinya masih akan melekat pada tim asal Lamongan, Persela di kompetisi Liga 1 2020. Untuk mengoreksi hasil di Liga 1 2019, manajemen berupaya mempersiapkan Persela dengan lebih baik. Caranya tentu saja merekrut pemain anyar.

Sejumlah pemain yang mampu memperkuat lini belakang dan tengah coba di rekrut oleh manajemen. Sektor belakang dan tengah memang yang dibutukan oleh Nilmaizar. Pelatih 50 tahun tersebut menyebut setidaknya ia membutuhkan 8 pemain anyar di sektor tersebut.

“Kebutuhan kami di bek kiri satu, gelandang bertahan 2 lokal, dan gelandang serang 2 lokal, serta 3 pemain asing,” kata Nil. Bergabungnya mantan pemain timnas Indonesia, Ahmad Bustomi serta eks pemain Liga Latvia, Shunsuke Nakamura setidaknya sedikit memperkuat sektor tengah.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Persela kedatangan pemain naturalisasi, Mbom Augustin Elie. Pemain berposisi sebagai gelandang bertahan ini tengah melakukan trial bersama skuat Persela di Gresik. Namun eks pemain klub Timor Leste tersebut belum dipastikan resmi bergabung atau tidak.

Persiapan Persela jelang Liga 1 2020 memang kurang cukup baik. Selain perekrutan pemain yang masih adam ayem, skuat Persela juga harus nomaden untuk urusan latihan. Hal ini disebabkan Stadion Surajaya tengah direnovasi sejak Januari lalu.

Kondisi ini yang membuat Ahmad Bustomi dkk tak mendapat hasil maksimal saat mengikuti turnamen Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka menuai dua kali kekalahan dan sekali hasil imbang hingga gagal lolos grup.

PELATIH: NILMAIZAR
NILMAIZAR
instagram.com/coach_nilmaiza

Masuk ke skuat Persela di pertengahan Liga 1 2019, Nilmaizar sukses membawa banyak perubahan bagi tim Laskar Joko Tingkir. Ia menyelamatkan Persela dari zona degradasi dengan menduduki peringkat ke-11 klasemen akhir musim.

Hasil itu tentu saja membuat manajemen Persela mempertahankan eks pelatih timnas Indonesia tersebut. Kemampuan taktik dan gayanya yang meledak-ledak dari pinggir lapangan bisa menjadi modal tersendiri untuk Persela arungi Liga 1 2020.

“Ke depannya saya berharap bisa memberikan yang berarti untuk Persela Lamongan, tapi perlu dukungan manajemen, staf pelatih, pemain, suporter,” kata Nilmaizar.

PEMAIN KUNCI: AHMAD BUSTOMI
Ahmad Bustomi
instagram.com/bustomi19

Meski berstatus sebagai pemain baru, sosok Ahmad Bustomi bisa menjadi pemain kunci di perjalanan Persela musm ini. Pemain kelahiran Jombang ini bakal menjadi pengatur ritme permainan tim Laskar Joko Tingkir.

Ia adalah gelandang pengakut air karena dia bertugas mendistribusi dan mengalirkan bola dari belakang menuju sentrum penyerangan atau yang memutus ritme permainan dan aliran serangan lawan.

Tanpa seorang gelandang jangkar seperti Bustomi, skema permainan Persela bisa menjadi timpang. Kondisi yang di awal musim Liga 1 2019 sangat dirasakan. Hengkangnya Kei Hirose bisa tertutupi dengan kehadiran Bustomi.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Reky Rahayu (Kalteng Putra), Alfonsius Kelvan (PSMS Medan), Roni Fatahillah (Mitra Kukar), Novan Sasongko (Persebaya Surabaya), Shunsuke Nakamura, Rafinha, Ahmad Bustiomi, Grabriel do Carmo dan Jasmine Mecinovic
TRANSFER KELUAR: Dwi Kuswanto, Ahmad Basith, Kei Hirose, Alex Goncalves, Dian Agus Prasetyo, Arif Satria, dan Hambali Tholib. Samsul Arifin

SKUAT LENGKAP

Kiper: Reza Agus Febrian, Rio Agata, Reky Rahayu, Alfonsius Kelvan
Belakang: Mochammad Zaenuri, Novan Sasongko, Roni Fatahillah, Ahmad Birrul Walidain, Feri Sistianto, Evander Yarangga, Eky Taufik, Jasmin Mecinovic
Tengah: Dadang Apridianto, Shunsuke Nakamura, Rizky Dwi Febrianto, Ahmad Bustomi, Riyatno Abiyoso, Prisca Womsiwor, Ryan Wiradinata, Rafinha, Nugroho F. Rochman, Achmad Arthur Sena
Depan: Gabriel do Carmo, Diego Banowo, Ghifari Vaiz

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Formasi: 4-2-3-1
Reky Rahayu
M Zaenuri, Eky Taufik, Novan Setya Sasongko, Jasmin Mecinovic
Shunsuke Nakamura, Heru Setiawan, Riyantno Abiyoso, Irafael Gomez, Ady Setiawan,
Gabriel Do Carmo