Jelang Liga 1 2020: Persipura Siap Menggebrak

Football5Star.com, Indonesia – Prestasi Persipura Jayapura di perhelatan Liga 1 2019 cukup menyita perhatian banyak pihak. Di awal musim, tim Mutiara Hitam sempat terseok-seok dan masuk zona merah.

Namun semenjak dilatih oleh Jacksen F Tiago, Persipura tunjukkan taji dan mampu finish di urutan ke-3. Di liga 1 2020, apakah raihan itu mampu mereka ulangi?

Persipura jelang liga 1 2020 memang tidak terlalu bagus dalam hal datangkan pemain baru. Anak asuh Jacksen F Tiago baru mendatangkan dua pemain pinjaman yakni Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha da Rocha serta pemain lokal, Ferinando Pahabol.

Namun pertanyaannya, apakah tiga pemain ini cukup untuk melapis sejumlah pemain yang sudah hengkang dari Jayapura? Persipura jelang liga 1 2020 dilepas oleh pemain seperti Ibrahim Conteh, Mamadou Samassa, Oh In-kyun, Titus Bonai, dan Imanuel Wanggai.

Meski begitu, Persipura di tiap tahun penyelenggaran kompetisi liga Indonesia selalu memunculkan pemain muda dari akademinya. Selain itu, faktor tangan dingin Jacksen F Tiago yang mampu memproyeksi pemain muda bisa menjadi kartu AS untuk tim Mutiara Hitam di Liga 1 2020.

Selain masalah transfer pemain yang adem ayem, persiapan Persipura juga terganggu karena masalah home base. Untuk Liga 1 2020, anak asuh Jacksen akan bermarkas di Manado. Hal ini lantaran Stadion Mandala tengah direnovasi untuk PON 2020.

Kondisi ini tentu bukan hal baru bagi skuat Persipura. Di pertengahan Liga 1 2019 lalu, tim ini juga sempat menjadi tim musafir. Jacksen F Tiago pun mempersiapkan tim ini untuk menjadi tim musafir di pra musim. Skuat Persipuran sempat pemusatan latihan di Batu, Malang hingga ke Yogyakarta.

PELATIH: JACKSEN F TIAGO
Persipura Jayapura - Bali United - Jacksen F Tiago - @persipurapapua1963
@persipurapapua1963

Kedatangan eks pelatih Persebaya di pertengahan musim Liga 1 2019 membawa berkah bagi Persipura. Tangan dingin pelatih asal Brasil ini membuat Persipura selamat dari bayang-bayang degradasi.

Tahun ini menjadi tahun ke-26 Jakcsen berkarier sebagai pelatih di Indonesia. Hal ini tentu saja bisa menjadi tambahan motivasi bagi Jacksen untuk bisa memberikan prestasi terbaik untuk Persipura. Jika di musm lalu tim Mutiara Hitam berada di peringkat ke-3, musim ini targetnya tentu lebih tinggi.

“Saya berpikir jauh ke depan untuk tim ini. Saya bekerja bukan untuk tahun ini saja. Saya menyiapkan tim untuk beberapa tahun ke depan. Dulu saya juga pernah melakukan seleksi seperti itu untuk menyiapkan generasi selanjutnya,”

PEMAIN KUNCI: BOAZ SOLOSSA
Boaz Solossa ternyata bukan pemain lokal tersubur pada era Liga 1.

Meski sudah berusia 34 tahun, sosok Boaz bakal tetap menjadi pemain kunci di skuat Mutiara Hitam di Liga 1 2020. Selain menjadi juru gedor di lini depan, kehadiran Boaz bakal menjadi penyimbang antara pemain muda dan tua.

Kehadiran Sylvano Comvalius tentu akan membuat Boaz lebih bisa tunjukkan perfomance di tahun ini. Duet Boaz dan Comvalius diprediksi banyak pihak akan membuat lini depan Persipura lebih mengigit di tahun ini.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Sylvano Comvalius, Arthur Cunha da Rocha, Ferinando Pahabol
TRANSFER KELUAR: Ibrahim Conteh, Mamadou Samassa, Oh In-kyun, Titus Bonai, dan Imanuel Wanggai

SKUAT LENGKAP

Kiper: Fitrul Dwi Rustapa, Dede Sulaiman, Mario Fabio Londok, Gerri Mandagi
Belakang: Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun, Yustinus Pae, Israel Wamiau, Dony Monim, Fridolin Yoku, Imanuel Rumbiak, Arthur Cunha, Ahmad Yani Yakben.
Tengah: Evraim Toncy Alves, M. Tahir, Gunansar Papua Mandowen, Todd Rivaldo Ferre, Ian Louis Kabes, Brian Fatari, David Rumakiek, Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, Wulf Horota, Yosse Maniagasi, Patrick Womsiwor
Depan: Boas Salossa, Ferry Pahabol, Marinus Manewar,  Sylvano Comvalius

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Formasi: 4-3-3
Dede Sulaiman
Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun, Yustinus Pae, Arthur Cunha
Ian Louis Kabes, Takuya Matsunaga, Thiago Amaral
Boas Salossa, Ferry Pahabol, Sylvano Comvalius