Jelang Liga 1 2020: Persiraja Pantang Hanya Numpang Lewat

Football5Star.com, Indonesia – Jelang Liga 1 2020 bergulir, ada satu tim baru yang meramaikan persaingan. Mereka adalah tim yang berasal dari ujung barat Indonesia, Persiraja Banda Aceh.

Liga 1 2020 adalah kompetisi kasta tertinggi pertama yang diikuti Persiraja Banda Aceh sejak 17 tahun terakhir. Ya, sudah terlalu lama mereka tenggelam di kasta bawah.

Faktor ini pula yang membuat klub berjuluk Lantak Laju pantang hanya menjadi pemanis di ajang Liga 1 perdananya. Ungkapan ini tampaknya dikehendaki manajemen dengan mendatangkan banyak pemain baru.

Yang menjadi perhatian tentu saja pemain asing. Maklum saja, Persiraja selama ini tidak diperkuat pemain luar mengingat regulasi PT LIB yang tak membolehkan pemain asing di Liga 2.

Maka dari itu mereka langsung mengamankan empat pemain asing. Mereka adalah Bruno Dybal dan Vanderlei Francisco asal Brasil, Adam Mitter dari Inggris, serta Samir Ayass asal Lebanon. Dari keempat nama tersebut hanya Vanderlei yang pernah mengenyam kompetisi di Indonesia.

Kendati sudah mendatangkan banyak pemain klub yang nantinya akan bermarkas di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, masih belum puas. Mereka akan terus mengincar pemain baru untuk membentuk skuat mumpuni di Liga 1 2020.

“Kami masih akan terus mencari pemain baru, terutama di posisi kiper karena kami masih kurang satu kiper. Pelatih membutuhkan 28 sampai 30 pemain, saat ini kami memiliki 26 pemain,” kata Sekretaris Umum, Rahmat Djailani seperti dilansir laman resmi klub.

Dengan komposisi baru ini, peluang anak asuh Hendri Susilo untuk setidaknya bertahan di Liga 1 musim depan sangat terbuka. Apalagi mereka punya statistik sempurna di laga kandang. Ya, seluruh laga kandang Persiraja di Liga 2 musim lalu berhasil dimenangkan.

PELATIH: HENDRI SUSILO
hendri susilo-persiraja banda aceh
persiraja.id

Satu keunggulan lain yang dimiliki Persiraja adalah sosok pelatihnya, Hendri Susilo. Ia sudah membesut Fery Komul dkk sejak 2018 lalu. Jadi dia sudah sangat mengenal karakter para pemain.

Kebersamaan ini pula yang membuat Hendri Susilo mampu menjaga ritme permainan tim dalam dua musim terakhir. Puncaknya pun terjadi ketika ia membawa tim promosi ke Liga 1 2020 setelah menang 1-0 melawan Sriwijaya FC.

Pengalaman Hendri juga tidak perlu diragukan lagi. Ia pernah menangani Persisam Putra Samarinda dan sempat berguru pada pelatih legendaris Indonesia, Benny Dollo.

Ujian pertama Hendri jelang bergulirnya Liga 1 2020 sudah dilalui dengan mulus. Menjamu PSMS Medan pada laga persahabatan di Stadion Harapan Bangsa, mereka menang 1-0 lewat gol semata wayang Mifathul Hamdi.

PEMAIN KUNCI: MIFTAHUL HAMDI
miftahul hamdi-persiraja
@persirajaupdate

Nama Miftahul Hamdi boleh saja baru berseragam Oranye musim ini. Tapi soal pengalaman di tingkat tertinggi, ia mungkin lebih unggul dibanding pemain lainnya.

Tiga musim berseragam Bali United dan sempat hilir mudik memperkuat timnas Indonesia, keberadaan Miftahul Hamdi di tim tentu menjadi modal berharga Persiraja. Tim akan memanfaatkan pengalaman yang dia punya selama ini.

Terlebih sang winger juga baru saja membawa Bali United juara Liga 1 2019. Vitalnya peran pemain asli Aceh ini bahkan sudah langsung terlihat pada laga uji coba melawan PSMS Medan kemarin. Ia jadi pencetak gol semata wayang untuk klub kampung halamannya itu.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Adam Mitter (Valour FC), Bruno Dybal (Samut Sakhon FC), Vanderlei Francisco (Semen Padang), Samir Ayass (Al Ahed), Rezham Baskoro (Bandung United), Rendy Saputra (PSCS Cilacap), Teddy Hari Setiawan (Babel United), Wira Satria (PSMS Medan), Nazarul Fahmi (Barito Putera), Maulana Khalidi (Persidi Idi), Asep Budi Santoso (Persita Tangerang)
TRANSFER KELUAR: Rizky Yusuf (Persijap Jepara), Andhika Kurniawan (Borneo FC), Agus Suhendra (Tanpa Klub)

SKUAT LENGKAP

Kiper: 31-Fakhrurrazi Kuba, Teddy Heri Setyawan
Belakang: 5-Adam Mitter, Wira Satria, 4-Asep Budi Santoso, 6-Aliyah Alfuad, 30-Luis Irsandi, 89-Rahmat Priadi, 3-Erianto, 7-Kasim Slamat,
Tengah: 7-Zamrony, 6-Samir Ayass, 16-Rendy Saputra, 32-Fery Komul, 8-Bruno Dybal, 78-Mukhlis Nakata, 70-Miftahul Hamdi, 96-Nazarul Fahmi, 22-Andri Abu Bakar, 77-Defri Riski
Depan: 10-Vanderlei Francisco, 9-Husnuzhon, 23-Assanul Rizal

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Formasi: 4-3-3
Fakhrurrazi Kub
Adam Mitter, Wira Satria, Asep Budi Santoso, Luis Irsandi
Bruno Dybal, Defri Riski, Fery Komul
Miftahul Hamdi, Vanderlei Francisco, Husnuzhon