Jelang Liga 1 2020: Persita Tangerang, Klub Promosi yang Siap Menggebrak

Football5star.com, Indonesia – Persita Tangerang menjadi salah satu tim promosi yang akan berkompetisi di Liga 1 musim 2020 mendatang. Mereka berhasil meraih tiket promosi setelah finis sebagai runner up Liga 2 musim 2019 lalu.

Pada musim 2018 lalu, Persita juga sebenarnya hampir mendapatkan tiket promosi. Namun, mereka gagal tampil maksimal di babak delapan besar Liga 2 dan harus kembali berkompetisi di kompetisi kasta kedua.

Kegagalan tersebut membuat Pendekar Cisadane langsung melakukan beberapa perubahan. Diantaranya adalah menunjuk Widodo C Putro sebagai pelatih kepala. Menggantikan posisi Wiganda Saputra.

Berbagai persiapan pun sudah mereka lakukan untuk menghadapi kompetisi musim 2020 mendatang. Diantaranya adalah mendatangkan sejumlah nama-nama beken seperti Hamka Hamzah, Elisa Basna, Ricky Kayame, Samsul Arif, serta Evgeniy Budnik dan Tamirlan Kozurbaev.

Tak hanya sibuk di bursa transfer, Persita juga sempat menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta selama dua pekan. Di masa pemusatan latihan itu, mereka juga sempat mengadakan laga uji coba melawan Persipura Jayapura yang berakhir dengan skor 2-2.

Persita sendiri tak memasang target yang terlalu tinggi di kompetisi musim depan. Menurut penuturan asisten pelatih, Francis Wewengkang, Pendekar Cisadane hanya dibebani target untuk finis di posisi 10 besar.

“Kemarin sempat bicara dengan manajer, katanya yang penting masih ke dalam 10-besar lah,” bilang Francis Wewengkang seperti dikutip football5star.com dari Antara.

PELATIH: WIDODO CAHYONO PUTRO
Widodo C. Putro - Persita Tangerang
Kenza Emeraldy

Siapa yang tak kenal Widodo Cahyono Putro? Nama pria asal Jawa Tengah itu sempat mencuat ketika sukses membawa Petrokimia Putra Gresik menjadi salah satu tim yang disegani di Indonesia di era 1990-an.

Setelah gantung sepatu, Widodo memutuskan untuk menjadi pelatih. Tercatat, pria kelahiran 1970 itu sempat membesut tim-tim beken seperti Gresik United, Sriwijaya FC, serta Bali United. Tak hanya itu, ia juga sempat didapuk menjadi asisten timnas Indonesia pada tahun 2010 dan 2014.

Dalam karier kepelatihannya, Widodo memang belum mampu meraih trofi. Namun, ia berhasil membawa Bali United finis di posisi dua klasemen Liga 1 pada musim 2017 lalu dan sempat mencicipi atmosfer kompetisi Asia bersama Serdadu Tridatu setahun berselang.

Modal tersebut rasanya sudah cukup bagi Widodo untuk bisa membawa Persita mengarungi kompetisi musim 2020 mendatang. Terlebih, ia hanya dibebani target untuk membawa Pendekar Cisadane finis di 10 besar klasemen Liga 1.

PEMAIN KUNCI: HAMKA HAMZAH
Hamka Hamzah - Persita Tangerang - @persita.official
instagram.com/persita.official

Meskipun sudah berusia 36 tahun, Hamka Hamzah akan menjadi pemain andalan Persita untuk kompetisi musim 2020. Pengalaman serta jiwa kepemimpinannya diharapkan akan bisa membawa Pendekar Cisadane tampil memuaskan musim depan.

Musim lalu, Hamka menjadi salah satu pemain kunci untuk Arema FC. Pria asal Makassar itu pun tercatat mampu mengoleksi 35 penampilan bersama Singo Edan di semua kompetisi. Tak hanya itu, ia juga mampu menyumbangkan enam gol dan dua assist.

Musim ini, Hamka akan mengemban peran sebagai pemimpin lini pertahanan Persita. Tak hanya itu, kehadiran Hamka juga diharapkan bisa menularkan mental petarungnya kepada Samsul Arif cs.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Elisa Basna (Persebaya Surabaya), Samsul Arif, (Barito Putera), Hamka Hamzah, Ricky Kayame (Arema FC), Try Hamdani (PSS Sleman),Taufiq Febriyanto, Edo Febriansyah (Persik Kediri), Syaiful Anwar (Semen Padang), Dallen Doke (Bali United), Redi Rusmawan (PSIM Yogyakarta), Miftah Anwar Sani (Badak Lampung), Eldar Hasanovic (Radnik Bijeljina), Evgeny Budnik (FC Urartu), Mateo Bustos (Nadur Youngsters), Tamirlan Kozurbaev (PKNS FC)

TRANSFER KELUAR: Amarzukih, Muhammad Roby (Persekat Tegal), Asep Budi (Persiraja Banda Aceh), Asri Akbar (Persijap Jepara), Syaiful (Barito Putera), Azka Fauzi (PSMS Medan), Diego Banowo (Persela Lamongan), Qischil Gandrum (Madura FC), Tamsil Sijaya (Persibat Batang)

SKUAT LENGKAP

Kiper: 1-Annas Fitranto, 28-Yogi Triana, 34-Try Hamdani

Belakang: 4-Tamirlan Kozurbaev, 5-Dallen Doke, 11-Muhammad Toha, 14-Miftar Anwar Sani, 16-Rio Ramandika, 23-Hamka Hamzah, 24-Syaeful Anwar, 27-Zikri Akbar, 97-Edo Febriansyah.

Tengah: 7-Ade Jantra, 8-Egi Melgiansyah, 18-Ripki Mantopani, 21-Adittia Gigis, 44-Eldar Hasanovic, 46-Elisa Basna, 88-Taufik Febriyanto, 92-Mateo Bustos

Depan: 9-Samsul Arif, 10-Aldi Al-Cahya, 29-Sirvi Arvani, 50-Chandra Waskito, 90-Evgeny Budnik, 93-Ricky Kayame, 99-Redi Rusmawan

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Formasi 4-3-3:

Try Hamdani
Miftah Anwar, Hamka Hamzah, Tamirlan Kozurbaev, Dallen Doke
Mateo Bustos, Egi Melgiansyah, Eldar Hasanovic
Evgeny Budnik, Samsul Arif, Ricky Kayame