Jelang Liga 1 2020: PSM Makassar Bermetamorfosis

Football5Star.com, Indonesia – Ibarat kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu. PSM Makassar jelang Liga 1 2020 pun melakukan metamorfosis. Tim berjuluk Juku Eja ini ditinggal sejumlah pemain kunci. Namun keyakinan untuk bisa torehkan prestasi di tahun ini masih ada.

Tugas berat ada di pundak pelatih anyar Bojan Hodak. Pelatih 48 tahun asal Kroasia tersebut tidak hanya mendampingi PSM Makassar di kompetisi Liga 1 2020 namun juga di Piala AFC 2020.

Sebagai pelatih asal kawasan Balkan, Hodak menerapkan pola kepelatihan yang menguras fisik dan tenaga pemain. Hal ini tentu saja sebagai cara Hodak memperkuat pondasi tim untuk mengarungi kompetisi di tahun ini.

Hengkangnya sejumlah pemain kunci di musim lalu seperti Marc Klok, Zulham Zamrun, Rivky Mokodompit, hingga Aaron Evans tentu jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Hodak dan manajemen PSM. Sektor belakang jadi lini yang cukup banyak kedatangan pemain anyar.

Ada nama Leo Guntara yang direkrut dari Semen Padang. Lalu ada juga Ronny Beroperay dari Barito, serta dua pemain asing, Hussein El Dor dari Lebanon dan bek asal Bosnia, Serif Hasic.

Sementara di lini tengah, Hodak kedatangan winger lincah nan cepat dari Semen Padang, Irsyad Maulana serta eks Barito, Yakob Sayuri. Dua pemain ini diyakini sudah lebih dari cukup untuk memperkuat sektor tengah Juku Eja.

PELATIH: BOJAN HODAK
BOJAN HODAK
instagram.com/psm_makassar

Bojan Hodak akan menghadapi tantangan baru di PSM Makassar. Apalagi, klub berjulukan Juku Eja itu akan tampil di Piala AFC 2020. Bojan Hodak juga langsung mendapatkan target tinggi dari manajemen PSM Makassar. Bojan Hodak diminta untuk bisa memberikan gelar Liga 1 2020 untuk Juku Eja, gelar yang di dua musim terakhir hampir diraih.

Sebelum di PSM, Bojan berkarier di Shandong Luneng (2011-2012) sebagai asisten pelatih. Ia lalu menangani Kelantan FA (2012-2013), Johor Darul Ta’zim (2014-2015), Penang FA (2016) sebagai CEO, dan Timnas Malaysia U-19 (2017-2019).

Prestas Bojan pun cukup mumpuni. Ia sukses meraih posisi runner-up China FA Cup 2011 bersama Shandong Luneng. Ia juga mempersembahkan gelar Malaysia Super League 2012, Malaysia FA Cup 2012, 2013, Malaysia Cup 2012 untuk Kelantan FA.

PEMAIN KUNCI: FERDINAND SINAGA
Ferdinand Sinaga
dailyphotopsm

Ferdinand Sinaga menjadi salah satu pemain senior di PSM yang bertahan di musim ini. Pemain kelahiran Bengkulu, 31 tahun silam ini bakal menjadi pemain kunci di PSM di Liga 1 2020.

Skill dan determinasi Ferdinand bakal sangat dibutuhkan di perjalanan PSM musim ini. Ia bisa menjadi daya gedor sekaligus pengatur ritme permainan Juku Eja di Liga 1 2020.

Seiring dengan usianya yang bertambah, karakter Ferdinand juga bakal menjadi penyeimbang antara pemain lama dan pemain anyar di tubuh PSM. Meski bukan berstatus kapten, kharisma Ferdinand masih akan sangat berguna bai PSM yang mengarungi dua kompetisi di tahun ini.

TRANSFER MUSIM INI

TRANSFER MASUK: Miswar Saputra, Dedi Gusmawan (eks Semen Padang), Serif Hasic (Bosnia-Herzegovina), Ronny Beroperay (Barito Putera), Hussein El Dor (Lebanon), Wasyiat Hasbulla (Kalteng Putra), dan Leo Guntara (Semen Padang), Irsyad Maulana (Semen Padang) dan Yakob Sayuri (Barito Putera), Giancarlo Rodrigues
TRANSFER KELUAR: Marc Klok, Zulham Zamrun, Rivky Mokodompit, Aaron Evans.

SKUAT LENGKAP

Kiper: Miswar Saputra, Syaiful, Hilmansyah, Reza Arya Pratama
Belakang: Abdul Rahman, Hussein El Dor, Dedi Gusmawan, Serif Hasic, Firza Andika, Ronny Beroperay, Leo Guntara, Zulkifli Syukur, Fajri Ardiansyah, Asnawi Mangkualam, Wasyiat Hasbullah, Hasyim Kipuw
Tengah: Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, Ahmad Agung, Takwir, Wiljan Pluim
Depan: Saldi, Aji Kurniawan, Rizky Eka Pratama, Bayu Gatra, Irsyad Maulana, Yakob Sayuri, Giancarlo Rodrigues, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian, Osas Saha

PRAKIRAAN TIM UTAMA

Formasi: 4-3-3
Miswar Saputra
Abdul Rahman, Hussein El Dor, Asnawi Mangkualam, Zulkifli Syukur
Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Ferdinand Sinaga
Irsyad Maulana, Osas Saha, Giancarlo Rodrigues

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More