Jelang Timnas U-19 vs Qatar: Ini Kelemahan Tim Lawan

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Qatar pada lanjutan uji tanding di Kroasia, Jumat (17/9/2020). Pelatih Shin Tae-yong menilai tim asuhan Lucas Nardi, pengganti Fabio Cesar Montezine, punya kualitas apik sehingga akan jadi ujian bagus bagi David Maulana cs.

Menilik kiprah pada Kualifikasi Piala Asia U-19 pada November 2019, Timnas U-19 Qatar memang tampil apik. Al Annabi memetik dua kemenangan dan sekali imbang. Mereka pun memuncaki klasemen Grup B dengan keunggulan selisih gol atas timnas U-19 Yaman.

Dalam enam laga resmi terakhir, Qatar juga meraih hasil apik. Al Annabi meraih 4 kemenangan, 1 seri, dan hanya 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan dialami dari timnas U-19 Korea Selatan 1 November 2018 dengan skor 1-3.

Gawang timnas junior Qatar tak pernah clean sheet jika ditangani Fabio Cesar Montezine.
qfa.qa

Meskipun demikian, bukan berarti timnas U-19 Qatar tak punya kelemahan. Satu hal yang paling mencolok, mereka tak clean sheet dalam 5 laga terakhir. Bahkan, mereka sempat kebobolan 3 gol saat melawan Korsel dan Thailand. Adapun tiga laga terakhir selalu kebobolan 1 gol.

Rekor buruk itu juga berlangsung saat kepelatihan Montezine pada dua ajang resmi sepanjang 2019. Tahun lalu, sebelum menangani timnas U-19, dia sempat pula melatih U-18 Qatar. Hasilnya, tak sekali pun Al Annabi clean sheet dalam tiga laga. Total tim asuhan, baik U-18 maupun U-19 yang diasuh Montezine kebobolan 13 gol dalam 6 pertandingan.

Nardi Warisi Fondasi Montezine

Skuat timnas U-19 Qatar saat ini didominasi pemain-pemain yang tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-19.
qfa.qa

Terlepas dari hal itu, Lucas Nardi mewarisi timnas U-19 Qatar dengan sebuah fondasi apik. Faktanya, dari 32 nama yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan akhir Juni lalu, sebagian besar adalah anggota skuat asuhan Montezine saat mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-19.

Dalam 23 pemain yang ada di skuat kala itu, tercatat ada 21 nama yang kembali masuk ke pemusatan latihan. Dari dua nama yang ditinggalkan, tak ada yang menjadi andalan Montezine.

Dari deretan pemain yang ada di skuat timnas U-19 Qatar saat ini, ada tiga pemain yang jadi andalan utama Fabio Cesar Montezine. Mereka adalah Abdullah Al Sulaiti, Faisal Muhammad Azadi, dan Naif Abdulraheem. Mereka selalu turun dalam 6 laga timnas junior Qatar bersama pelatih berdarah Brasil itu. Mereka kemungkinan juga akan diandalkan Nardi saat melawan timnas U-19 Indonesia nanti.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More