Jenuh Terhadap Sepak Bola, Kaka Pertimbangkan Pensiun

Football5star.com, Indonesia – Gelandang asal Brasil, Ricardo Kaka, menyatakan sudah mulai jenuh terhadap aktivitasnya sebagai pemain sepak bola. Faktor umur menjadi salah satu alasan mantan pemain AC Milan tersebut merasa sudah mendekatik akhir waktunya di lapangan hijau. Kaka kini tengah berkiprah di Major League Soccer (MLS) bersama Orlando City. Musim ini bisa jadi yang terakhir bagi pemain berusia 35 tahun tersebut.

“Aku sudah tidak menikmati sepak bola lagi. Usiaku sekarang tidak bisa dibohongi. Aku merasakan nyeri sertiap bertanding. Sulit rasanya untuk kembali seperti dulu lagi. Sepertinya berat untuk terus melanjutkan pekerjaan ini,” jelas Kaka.

Mantan suami Caroline Celico ini sudah mulai mempertimbangkan karier di bidang kepelatihan. Dia terinspirasi oleh ZInedine Zidane yang sukses menangani klub besar selepas pensiun sebagai pesepak bola.

“Aku ingin seperti ZIzou. Ketika pensiun, ia beristirahat sejenak untuk menikmati waktunya usai bermain. Dia tahu potensinya melatih, kepeduliannya terhadap regenerasi pemain muda juga luar biasa. Mungkin aku bisa mengikuti jejaknya,” lanjutnya.

Karier Kaka mulai meredup sejak memutuskan bergabung bersama Real Madrid pada 2009. Cedera berkepanjangan membuatnya tidak bisa meneruskan performanya seperti saat di Milan.

Sempat kembali ke San Siro pada 2013, ia langsung menuju Amerika Serikat untuk bergabung bersama Orlando semusim berselang. Nasibnya tidak juga membaik di sana dan dipinjamkan ke Sao Paulo.

Pada masa keemasannya, Kaka sukses meraih berbagai trofi baik individu dan kolektif. Dirinya merupakan orang terakhir yang meraih Ballon d’Or sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi selama delapan tahun belakangan. Untuk karier internasional, ia menjadi bagian dari skuat Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang.

Comments
Loading...