Jersey Baru La Furia Roja Dikecam Pemerintah Spanyol

Football5star.com, Indonesia – Jersey anyar La Furia Roja yang baru saja dirilis oleh Adidas untuk Piala Dunia 2018 rupanya mendapat kecaman dari pemerintah Spanyol. Hal itu diungkapkan oleh presiden federasi sepak bola negeri tersebut (RFEF), Juan Luis Larrea.

Menurutnya, kecaman itu diakibatkan dari pemilihan warna yang menurut pemerintah Spanyol sangat mirip dengan bendera pihak oposan, Republikan. Maklum saja, sejak diktator Fransisco Franco berkuasa hingga meninggal, kaum Nasionalis masih kuat bercokol di pemerintahan.

Republican reaction to King Juan Carlos' abdication, Madrid, Spain - 02 Jun 2014
dailymail.co.uk

“Pemerintah belum mengirimkan apapun kepada kami. Tapi saya memiliki jalur komunikasi dan saya tahu mereka khawatir dengan masalah ini. Terutama karena ada anggota parlemen yang telah menghubungkan warna jersey dengan bendera Republik,” ujar Larrea dikutip dari media online Spanyol, elpais.com, Rabu (8/11/2017).

Jika dilihat secara sekilas motif retro dibalut warna merah kuning dan biru pada seragam Spanyol memang mirip bendera republikan. Hal itu karena pemilihan warna biru yang nyaris menyerupai warna ungu. Pasalnya, bendera republikan berwarna merah, kuning, dan ungu.

Namun hal itu sebelumnya sudah dibantah oleh pihak Adidas. Dalam pemberitaan yang dimuat di Mundo Deportivo, mereka mengatakan bahwa tidak ada unsur politik dalam pemilihan motif serta warna tersebut.

Larrea juga mengatakan bahwa publik serta pemerintahan spanyol kebanyakan baru melihat jersey tersebut melalui gambar di internet. Ia juga kesal pihak yang mempermasalahkan warna biru yang mirip ungu tersebut.

“Jersey Spanyol pada Piala Dunia 1994 Amerika Serikat memiliki garis ungu dan tidak ada yang mengatakan apapun,” kesalnya.

Comments
Loading...