Jika David Silva Absen, Manchester United Patut Bersyukur

Football5star.com, Indonesia – Ryan Giggs menilai Manchester City akan merasa sangat kehilangan jika gelandang David Silva benar-benar tidak bisa diturunkan dalam Derby Manchester melawan Manchester United di Stadion Old Trafford pada Minggu (10/12/2017).

Pada Selasa (5/12/2017) kemarin, manajer Pep Guardiola mengatakan bahwa Silva menderita cedera setelah menghadapi West Ham United di Stadion Etihad akhir pekan lalu. Alhasil, ia absen ketika Manchester City menghadapi Shakhtar Donetsk di ajang Liga Champions, Kamis (6/12/2017), dan masih diragukan tampil untuk Derby Manchester.

david silva, manchester city

Menurut Giggs, absennya Silva sangat meringankan tugas para pemain bertahan Manchester United. Maklum, pemain asal Spanyol itu telah mencetak dua gol dan 10 assist dalam 19 pertandingan di seluruh kompetisi musim 2017-18 sejauh ini.

“Kemungkinan absennya David Silva adalah hal besar karena lebih mudah bagi Anda untuk menghentikan satu gelandang kreatif. Kita semua melihatnya ketika Eden Hazard dihentikan dalam laga antara Manchester United melawan Chelsea musim lalu,” kata Giggs kepada Sky Sports.

The Citizens memang masih memiliki satu gelandang kreatif berkualitas dalam diri Kevin De Bruyne, yang menorehkan lima gol dan 11 assist dalam 21 laga. Namun, Giggs tetap memprediksi Manchester United berpeluang besar memenangi pertandingan jika Silva tidak bermain.

“Jika hanya De Bruyne yang bermain, sekalipun saya berpikir bahwa ia adalah pemain terbaik musim sejauh ini, Anda hanya perlu menjaganya dengan satu orang atau berusaha memotong aliran bola kepadanya,” tutur Giggs.

“Pekan lalu, mereka menunjukkan kualitas dan pemahaman ketika mencetak gol kemenangan (melawan West Ham). Mereka sungguh berbahaya dan sangat sulit untuk menghentikan kedua pemain ini secara bersamaan,” ujar pria asal Wales itu.