Jika Liga Spanyol Dimulai Lagi, Bola dan Lapangan Harus Disterilkan

Football5star.com, Indonesia – Liga Spanyol kemungkinan besar akan dimulai lagi Mei mendatang. Untuk itu, salah satu dokter terkemuka di Spanyol, Rafael Ramos, memberi masukan agar kompetisi bisa bergulir dengan aman.

Salah satu syarat yang diberikan oleh Rafael Ramos adalah soal sterilisasi. Ia menyarankan agar bola dan lapangan pertandingan disterilkan, baik sebelum, selama laga, hingga sesudah pertandingan.

Menurutnya, cara ini perlu dilakukan agar pemain tidak terkontaminasi virus corona jika wajah mereka terkena bola.

Klasemen Liga Spanyol dan Hasil Pertandingan Pekan ke-25 - @realmadriden
@realmadriden

“Lapangan dan bola harus disterilkan sebelum, selama, dan sesudah pertandingan. Jika wajah pemain mengenai bola, mereka tidak akan terinfeksi virus karena bola tersebut telah steril,” kata Rafael Ramos seperti dikutip Football5star dari El Pais, Senin (27/4/2020).

Di sisi lain, dokter yang berkecimpung di dunia olahraga ini juga mengomentari protokol pertandingan yang diterapkan Liga Spanyol. Dalam peraturan baru, seluruh pemain dan staf pelatih harus menjalani karantina selama 15 hari sebelum pertandingan.

“Mengisolasi para pemain dan staf pelatih dan medis di sebuah hotel selama 15 hari sebelum laga dimulai hanya untuk meyakinkan diri mereka bahwa virus corona tidak menghinggapi mereka,” ia menambahkan.

“Tanpa cara ini efektivitas protokol akan berkurang. Tapi dengan kontrol sebelumnya yang akan kita miliki pada minggu-minggu sebelum pertandingan, tidak ada pemain yang terisolasi,” tutup Rafael Ramos.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More